Kenapa Pakaian Dokter Operasi Berwarna Hijau?



Hotmagz – Jika anda memperhatikan pada saat dokter memeriksa pasien biasanya ia mengenakan jas berwarna putih. Akan tetapi pada saat ia masuk ke ruang operasi, sang dokter akan mengganti pakaian menggunakan warna hijau. Ternyata pakaian warna hijau ini juga menjadi warna khas hampir di setiap negara di dunia.
Lantas apa alasannya menggunakan warna hijau? Berikut alasannya.
Dilansir dari livescience.com, warna hijau sendiri tujuannya adalah untuk menetralkan mata dokter sesudah sekian lama melihat warna merah. Ketika menjalani pembedahan tubuh manusia, seorang dokter bakalan sering melihat darah.
Alasan penggunaan warna hijau bisa membantu dokter agar lebih baik. Jika seorang ahli bedah melihat pada sesuatu yang berwarna merah atau merah muda, ia bakalan menjadi terbiasa dengan warna itu sehingga penglihatannya terganggu. Oleh karena itu dokter perlu warna hijau supaya bisa menetralkannya.
Gangguan tersebut merupakan ilusi optik yang terjadi lantaran terlalu lama menatap warna merah. Kemudian bila dokter melihat pakaian yang berwarna hijau atau biru, ilusi yang mengganggu ini bisa hilang dan berbaur tepat dengan warna pakaian.
Hal ini juga berlaku bagi anda yang sering menatap layar komputer atau ponsel. Supaya mata tak terasa lelah, disarankan untuk melihat pemandangan hijau. Misalnya pepohonan dan hamparan sawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *