Keren! 10 Tahun Lagi Akan Ada Pesawat ‘Tanpa Jendela’

Posted on
Sumber : Daily Mail
HOTMAGZ-Sebuah terobosan baru yang dibuat oleh sebuah perusahaan penerbangan di Inggris ini begitu mencengangkan. Pasalnya, perusahaan ini sedang membuat sebuah pesawat komersial yang tidak menggunakan jendela. Tapi penumpang tetap bisa melihat pemandangan di luar. Pada dinding pesawat yang tanpa kaca ini, memberikan fasilitas untuk para penumpang agar dapat mengakses internet atau sekedar melihat email dengan menggunakan layar sentuh.

Seperti yang dilansir oleh dream.co.id yang bersumber dari Daily Mail, sebuah layar ultra-tipis yang fleksibel ini nantinya akan digunakan untuk menggantikan jendela. Dengan sebuah sistem yang terhubung dengan kamera yang berada di luar badan pesawat membuat para penumpang dapat menikmati pemandangan luar melalui layar ini.

Daily Mail
Konsep seperti ini adalah ide dari the Centre for Process Innovation (CPI), Inggris. Proses sudah dimulai walaupun masih dalam tahap men-desain. Tapi banyak pihak sangat yakin akan pembuatan pesawat tanpa jendela ini akan menjadi yang pertama di dunia. Diperkirakan proyek ini akan selesai 10 tahun mendatang.

Penumpang yang berada di dekat dinding dapat memilih pemandangan seperti apa yang ingin ditampilkan. Selain itu, layar ini juga dapat digunakan sebagai alat untuk hiburan selama terbang. Dan untuk penumpang yang duduknya berada di tengah atau jauh dari dinding bisa menggunakan layar yang dipasang di kursi depan tempat duduknya.

Sebuah tampilan yang dikeluarkan dari layar tersebut memiliki resolusi yang tinggi. Dan pemandangan seketika dapat berubah ketika mata sang penumpang bergerak. Selain itu, layar yang ditempelkan langsung ke dinding pesawat itu dapat memberikan cahaya pada kabin. Cahaya yang dikeluarkan ini bisa dihidupkan atau juga dimatikan, sesuai keinginan sang penumpang.

Seperti yang dikatakan CPI, sistem yang digunakan dapat mengurangi terjadinya jet lag. Sistem untuk pencahayaan dapat dikontrol mengikuti perubahan warna yang disebabkan oleh adanya matahari terbit dan terbenam. Dengan cara ini, penumpang akan mengetahui dan dapat menyesuaikan diri dengan perubahan zona waktu ketika sedang melakukan perjalanan jauh.

Layar yang dipasang pada dinding pesawat ini gunanya tidak sekedar untuk menghibur para penumpang. Sistem ini juga sengaja dirancang agar dapat mengurangi beban pesawat dan biaya. Jadi penggunaan sistem ini menguntungkan dua pihak yakni perusahaan dan penumpang.

Menurut CPI, tanpa jendela sebuah pesawat akan dapat mengurangi bebannya, sehingga bahan bakar bisa lebih hemat, emisi keluar lebih sedikit, dan biaya operasionalnya juga menjadi rendah. Konsep seperti ini akan membuat tarif penerbangan menjadi lebih murah dengan kursi yang lebih besar. Untuk setiap pengurangan satu persen berat, bahan bakar dapat dihemat hingga 0,75 persen.

Untuk membuat dioda pemancar cahaya organik (OLED) yang tertempel pada layar dapat diproduksi secara total, kira-kira dibutuhkan waktu selama kurang-lebih 5 tahun.

CPI yang beroperasi di Inggris timur laut ini merupakan anggota dari High Value Manufacturing Catapult, yang ditujukan untuk memajukan pembangunan teknologi baru. Dengan dibantu dana dari pemerintah, CPI bekerja dengan perusahaan-perusahaan untuk menghasilkan sebuah produk baru, termasuk layar OLED di fasilitas Sedgefield, Kota Durham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *