Keren! Inilah 6 Fenomena Langit Terunik Di Dunia

HOTMAGZ– Dalam pandangan fisika, fenomena alam adalah sebuah peristiwa yang non artifisial atau dapat dikatakan bisa terjadi karena perbuatan manusia ataupun alami. Fenomena yang seringkali kita temui seperti gempa bumi, letusan gunung merapi, banjir dan lainnya. Itu semua sudah biasa sepertinya, tapi apakah pernah Anda melihat ada fenomena langit yang memang sangat jarang ditemui? Pastinya ada! Berikut ulasannya.

1. Mammatus Clouds Atau Awan Mammatus

Ini adalah sebuah fenomena yang menggambarkan awan yang ada di langit tampaknya seperti balon terbalik, bergelembung-gelembung, bergelombang terlihat sangat lembut, halus dan membentuk formasi yang sangat indah dan mempesona. Mammatus cloud ini terdiri dari macam-macam formasi kristal es yang ada di awan yang posisinya membentang hingga ratusan kilometer. Biasanya akan terjadi di awan cumulonimbus, altocumulus, altostratus dan awan cirrus.

Walaupun kelihatan begitu indah, tapi Anda yang melihat Mammatus cloud ini harus tetap waspada, karena awan ini menjadi pertanda bahwa akan datangnya cuaca ekstrim atau bahkan terjadi badai. Pernah Mammatus cloud terjadi di San Antonio, Texas pada 2009 lalu. Setelah terlihat adanya awan mammatus ini ternyata terjadi badai besar dan cuaca yang buruk. Awan ini biasanya terdiri dari air dan es, dan formasinya terlihat statis hingga sepuluh atau lima belas menit.

2. Fire Whirls Atau Pusaran Api

Pusaran api ini dikenal juga sebagai setan api atau tornado muncul di dalam atau di luaran dari amukan api ketika ada kombinasi yang tepat dalam suatu kondisi. Pusaran api ini bisa saja muncul bersamaan dengan gempa bumi dan badai, dan ini bisa sangat membahayakan. Pernah dalam beberapa kasus, ada yang keluar dari zona api tersebut dan mengakibatkan kerusakan dan kematian dalam jarak yang bahkan tidak terjangkau oleh panas atau api. Pusaran Api telah selama ini diketahui mencapai hampir satu mil tingginya, memiliki kecepatan angin lebih dari 100 mil/jam dan berlangsung selama 20 menit atau lebih.

3. Moonbows Atau Pelangi Bulan

Kehadiran pelangi disebabkan karena matahari yang bersinar pada tetesan-tetesan air embun, dan terjadi di atmosfir setelah turunnya hujan. Moonbow biasanya hanya dapat ditemui pada malam hari ketika bulan ada pada titik rendah pada saat bulan akan purnama hingga hampir purnama dan ini sangat jarang terjadi. Dan tempat yang paling banyak dikunjungi hanya untuk melihat Moonbow ini adalah air terjun Cumberland di kentucky AS.

4. Noctilucent Cloud Atau Awan Noctilucent

Awan Noctilucent adalah awan yang ketinggiannya begitu luar biasa secara atmosfir yang membiaskan cahaya pada senja ketika matahari telah tenggelam, mengiluminasi/menyinari langit dengan cahaya yang tidak terlihat mata.

5. Aurora Borealis

Aurora Borealis atau di belahan dunia selatan dikenal dengan nama Aurora Australis merupakan partikel bermuatan listrik yang berasal dari matahari yang telah mencapai bagian teratas atmosfir bumi dan menjadi sangat aktif. Biasanya fenomena alam seperti ini sering ditemui di daerah dekat kutub dan pada waktu dimana siang dan malam sama panjang.

6. Green Ray

Banyak orang juga menyebutnya Green Flash. Fenomena ini hanya muncul dalam waktu yang begitu singkat sebelum matahari seluruhnya tenggelam dan setelah matahari terbit. Fenomena ini akan muncul seperti kilatan atau cahaya hijau yang letaknya diatas matahari dan kemunculannya sangat cepat, dan hanya beberapa saat saja. Ini disebabkan karena terjadinya pembiasan cahaya di atmosfir.
(Kumpulan-berita-unik)
Terima kasih telah membaca artikel tentang langit keren. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *