Kerupuk Asal Sidoarjo ini Pecahkan Rekor Muri dan Dunia, Panjang dan Besarnya Luar Biasa!

Hotmagz – Kerupuk merupakan salah satu camilan yang dekat dengan penduduk indonesia, siapa sih yang tak suka kerupuk? di Negara kita ini kerupuk seringkali menjadi teman penting dalam menyantap makanan utama kita. 
Baru-baru ini krupuk asal Sidoarjo yang diproduksi dari Sekar Laut group berhasil masuk Museum Rekor Indonesia (MURI). Bahkan juga dikatakan masuk rekor dunia. Sebab, krupuk tersebut mempunyai panjang dan lebar yang luar biasa besar.
Sebelum digoreng, krupuk itu mempunyai dimensi panjang 400 sentimeter, lebar 50 sentimeter, tebal 0,3 sentimeter. Maka, penggorengan yang dilakukan di Alun-alun Sidoarjo tersebut juga digoreng dengan wajan yang khusus.
Ukuran wajannya, mempunyai panjang 612,5 sentimeter, lebar 122 sentimeter, dan tinggi 50 sentimeter. Untuk penggorengannya juga khusus, suhu panas harus 185 derajat celsius, dengan menggunakan 20 tungku.
Sementara itu, pembuatan bahan baku krupuk udang menghabiskan sekitar 15 kilogram, seperti tepung tapioka 10 kilogram, udang 5 kilogram. Kemudian, untuk menggorengnya dengan menggunakan minyak 1.000 liter.
“Untuk melakukan penggorengan itu, tenaga yang dibutuhkan 22 orang,” ujar Presiden Direktur PT Sekar Laut Harry Sunogo di Sidoarjo, Minggu (3/4) seperti dikutip dari Merdeka.
Perwakilan dari rekor MURI Awan Rahargo mengaku, pembuatan dan penggorengan krupuk di Sidoarjo ini merupakan yang pertama kali. Sebab, selama ini di Indonesia belum ada yang membuat ataupun memproduksi dan menggoreng krupuk.
“Ini bukan hanya masuk MURI saja, tapi juga sekaligus masuk rekor dunia. Karena, selama ini belum ada yang membuat krupuk dan menggoreng yang dimensi yang panjang, dan lebar yang tidak lazim,” Awan Rahargo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *