Keunikan Ikan Besar Opah

Posted on
HOTMAGZ– Berbeda dengan hewan mamalia, ikan adalah spesies hewan berdarah dingin yang bisa mengontrol suhu tubuhnya hanya dari luar.

Tapi beda dengan ikan yang satu ini, Opah jenis ikan yang bertubuh besar yang kira-kira besarnya menyerupai ban mobil ini dapat mengontrol suhu tubuhnya dari dalam.

Untuk sebagian besar, ikan jenis ini tinggal di perairan dalam, dimana ikan-ikan tersebut berjalan dengan lambat karena suhu yang rendah. Bahkan ikan predator saja jika berada di daerah tersebut akan bergerak dengan lambat, seperti yang dikutip dari huffingtonpost.com.

Sirip Opah ini menyerupai sayap, inilah yang membantunya untk bergerak cepat sehingga bisa menghindari para predator, itulah yang diungkapkan Oceanic and Atmospheric Administration.


“Sebelum penemuan ini, aku menganggap ini adalah ikan yang bergerak lambat seperti ikan-ikan lain di lingkungan suhu dingin,” ungkap ahli biologi perikanan NOAA, Nicholas Wegner.

“Berkat tubuh hangatnya, ikan ini bisa menjadi predator aktif yang berburu hewan lincah seperti cumi-cumi, dan bisa bermigrasi dalam jarak yang jauh,” tambah Wegner.

Tuna termasuk ikan yang licah, ia bisa menghangatkan otot tubuhnya dengan proses yang sama. Tapi tubuh akan menjadi dingin seketika ia masuk ke daerah yang lebih dalam.

Agar bisa hangat kembali, tuna harus naik ke permukaan kembali. Uniknya, ikan Opah ini bisa bertahan di kedalaman dengan suhu yang tetap dingin.

Sumber : http://global.liputan6.com/read/2232883/mengenal-opah-ikan-sebesar-ban-mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *