Koin Euro Palsu Dengan Kemiripan 90 Persen

 

Koin Euro palsu buatan China. ©2014 Merdeka.com

HOTMAGZ – Sebuah berita yang sangat menggemparkan telah beredar bahwa kriminal asal China kembali melakukan aksinya. Dalam aksinya ini bukan hanya barang elektronik saja, namun kali ini mereka dapat mencentak uang koin Euro yang sangat persis dengan aslinya.

Pemalsuan koin ini terungkap saat pengrebekan sebuah gudang di Napoli, Italia, beberapa saat yang lalu. Tim gabungan Europol berhasil mendapatkan barang bukti yaitu ribuan koin pecahan 2 Euro yang tidak bisa di bilang palsu lantaran koin ini memiliki kemiripan 90%, seperti yang dilaporkan Daily Mail, Kamis (25/12).

Negara-negara yang berada di kawasan Eropa mulai khawatir, karena belum tau pasti ada berapa banyak pecahan palsu itu beredar. Sedangkan dari penyergapan itu saja didapatkan 495 ribu Euro atau sekitar Rp 7,58 miliar. Petugas yakin bahwa kepingan koin palsu tersebut sudah beredar lebih banyak lagi.

Salah satu investigator mengatakan bahwa geng yang memasok koin palsu tersebut berasal dari Kota Shanghai. “Dari barang bukti tersebut dapat kita pastikan bahwa para pemalsu koin tersebut memiliki alat yang sama seperti yang dipakai ban Sentral Uni Eropa.” jelasnya.

Yang mengkhawatirkan adalah banyaknya warga eropa yang menjadi korban. Para pemalsu ini memanfaaatkan momen Natal dimana banyak orang berbelanja.

“Koin-koin tersebut mirip dengan yang asli dan juga koin itu sudah diproduksi jauh-jauh hari dan ditargetkan beredar jelang Natal,” kata Jaksa Palermo Calogero Ferrara.

Dengan adanya kasus ini China masih menduduki status negara pembajak terhebat di dunia. Pada tahun sebelumnya juga China pernah menggemparkan dunia dengan ditemukannya 22 kios Apple palsu.

Produsen tas dan juga busana terkenal seperti Gucci dan Mulberry juga memutuskan untuk menerima orderan dari China. Karena produknya menjadi korban pembajakan yang luar biasa. Contohnya saja satu tas Mulberry yang biasa dijual belasan juta Rupiah, bisa dijual di kios Beijing hanya dengan harga 200 ribu Rupiah, dengan kualitas yang tidak jauh berbeda.

Yang mengegerkannya lagi adalah pabrik asal China bernama Gelly, produsen otomotif itu dapat meniru persis Rolls Royce Phantom yang sangat terkenal sebagai salah satu mobil termahal di dunia. Versi aslinya memiliki harga Rp 4,8 miliar, namun versi pabrik ini hanya memiliki harga Rp 500 juta saja. (Merdeka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *