Kota Damai Green Bank Tanpa Sinyal Ponsel, Wi-Fi, Radio, Dan Televisi

Posted on
HOTMAGZ- Green Bank, di Pocahontas County di Virginia Barat, Amerika Serikat, sepertinya tempat hunian yang paling damai dan tenang. Seperti yang dilansir dari versesofuniverse.blogspot.com, di area ini Anda tidak akan menemukan adanya sinyal ponsel, sinyal Wi-Fi, bahkan gelombang radio dan televisi pun tidak ada.
Itu semua bukan karena Green Bank kurang update masalah teknologi. Daerah ini malah merupakan rumah bagi salah satu teleskop radio terbesar di dunia yang bernama Robert C. Byrd Green Bank Telescope (GBT), yang dioperasikan oleh National Radio Astronomy Observatory. Karena alasan GBT inilah mengapa kota ini benar-benar terjauh dari keramaian elektromagnetik.

Teleskop radio berguna untuk mengetahui adanya gelombang elektromagnetik yang datang dari galaksi jauh. Karena sinyal yang samar, maka dari itu kehadiran dari emisi kecil gelombang radio yang berasal dari gadget elektronik dapat mengganggu cara kerja dari teleskop radio. Karena itulah semua gadet, Wi-Fi, radio, ataupun alat-alat komunikasi lainnya tidak diperbolehkan ada disini. Di area ini juga tidak akan Anda temukan menara ponsel, tidak akan ada musik dari sebuah radio, ataupun film-film di televisi. Hal lainnya yang tidak diperbolehkan ada disini karena mengeluarkan  gelombang elektromagnetik adalah mobil dengan bahan bakar bensin.

Batas-batas zona perangkat bebas meluas jauh melampaui Green Bank, seluas kurang lebih sama dengan 13.000 mil persegi. Wilayah ini disebut Zona Hening Radio Nasional (Radio Nasional Quiet Zone), dan terletak disekitar pedesaan yang jarang penduduknya yang melintasi perbatasan Virginia Barat, Virginia, dan Maryland. Hampir semua jenis transmisi radio dan perangkat elektronik tertentu dilarang di sini agar Teleskop Radio Green Bank dapat bekerja tanpa gangguan. Green Bank adalah komunitas yang paling dekat dengan Teleskop Radio tersebut.
Bagi orang-orang yang tak bisa jauh dari gadget, sepertinya wilayah ini sangat tidak cocok bagi Anda. Tapi, 140 orang warga yang tinggal di kota itu merasakan kebahagiaan yang lebih. Karena disana tidak ada anak-anak yang terus bermain dengan ponsel mereka. Orang-orang dapat berinteraksi dengan langsung tanpa menggunakan SMS. Jika harus berkomunikasi dengan orang yang jaraknya jauh, mereka menggunakan fasilitas telepon umum.
(terselubung)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *