Menolak PHK, 20 Ribu Buruh Rencanakan Serbu Istana

Hotmagz – Sejumlah 20 ribu buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) rencananya bakal menyerbu Istana negara, Sabtu (6/2) yang akan datang. Mereka menuntut presiden untuk menyelamatkan nasibnya lantaran tak diperkerjakan lagi oleh perusahaan tempatnya bekerja. 
Foto : Ricardo / JPNN
 ” 20 ribu buruh siap turun ke jalan menolak PHK (pemutusan jalinan kerja, red). Tindakan ini akan dikerjakan serempak di Medan, Batam, Makassar, Bandung, Surabaya, ” tutur Presiden KSPI Said Iqbal waktu jumpa pers di Jakarta, Selasa (2/2). 
Ancaman turun ke jalan yang bakal dikerjakan oleh KSPI untuk menampik PHK serta gaji murah yang dikerjakan oleh beberapa perusahaan padat modal di Indonesia. Di Jakarta massa buruh bakal turun ke jalan lakukan tindakan damai hingga berdemo di depan Istana serta Mahkamah Agung (MA). 
Said Iqbal menekan pemerintah supaya selekasnya melakukan tindakan membuat perlindungan beberapa ribu buruh yang telah terserang PHK ataupun beberapa puluh ribu yang lain yang terancam PHK. ” Pemerintah janganlah diam saja, mesti selekasnya melakukan tindakan harus membuat perlindungan golongan buruh, ” sambungnya. 
Dia mengatakan, sekarang ini berlangsung penutupan beberapa pabrik besar di Indonesia yang dipicu berkurangnya daya beli orang-orang. Daya beli yang alami penurunan juga dikarenakan ada kebijakan gaji murah pemerintah lewat PP Nomer 78 Th. 2015 mengenai pengupahan. 
 ” Gaji murah itu tidak cocok dengan kesejahteraan buruh. Semuanya harga barang, biaya transportasi tetaplah mahal, tempat tinggal mahal, harga BBM turun juga tak ada dampak, ” cetusnya.
Bagaimana pendapat anda?
Sumber : http://jawapos.com/read/2016/02/02/17139/tolak-phk-20-ribu-buruh-akan-serbu-istana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *