Merpati Warna-warni ini Bukan Rekayasa Photoshop

Posted on
Photo di atas kerap dituduh hasil rekayasa photoshop oleh beberapa orang. Walau sebenarnya, seperti yang diambil dari versesofuniverse. blogspot. com, sesungguhnya burung merpati dengan warna-warni yang cantik ini bisa diketemukan di Indonesia. 
Percayakah anda? warna merpati ini betul-betul seperti foto-foto di sini. Dan mereka betul-betul merpati. Merpati yang populernya di kenal dengan nama Pink Necked Green Pigeon (merpati hijau berleher pink) ini, di indonesia di kenal dengan nama Punai Gading serta nama ilmiahnya Treron vernans). Mereka masuk dalam famili Columbidae (keluarga merpati serta dara). Burung yang spektakuler ini bisa diketemukan di asia tenggara seperti Vietnam, Singapura, Thailand, Filipina, Kamboja serta sudah pasti Malaysia, Indonesia serta Myanmar 
Punai Gading menyukai pohon-pohon serta menggunakan sebagian besar waktu mereka di kanopi. Mereka turun ke tanah cuma saat mereka haus atau mencari sebagian buah yang sudah jatuh. 
Merpati hijau berleher pink ini yaitu merpati yang paling berwarna-warni. Kenapa mereka memerlukan warna-warna elegan? Seperti banyak spesies hewan lain, cuma jantan yang mempunyai warna cerah, sedang betina lebih membosankan. Ini memberi tahu kita bahwa beberapa warna ini menolong si jantan untuk memperoleh perhatian si betina. Makin jelas warnanya jadi bakal makin besar peluang untuk menmukan pasangan yang cocok. 
Beberapa warna yg tidak umum ini dapat mempunyai maksud sekunder. Yakni kamuflase. Burung ini berkamuflase dengan baik saat leher pink serta badan hijau mereka ada di antara vegetasi yang lebat, buah-buahan serta sudah pasti bunga rimba hujan. Ya, burung ini dapat berbaur dengan dahan pohon di mana mereka suka menghabiskan waktu. 

Cantik ya burung-burung ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *