Mitos Aneh Yang Dipercaya Orang Indonesia (part 2)

Foto: @istimewa
HOTMAGZ- Indonesia merupakan negara dengan penduduk yang sangat banyak. Disini banyak sekali penduduk dengan suku bangsa dan budaya yang berbeda-beda. Disamping itu, berbedanya budaya satu dengan yang lainnya juga kerap dijadikan tradisi.

Dan luar biasanya, dengan beragam perbedaan itu orang Indonesia tetap bisa hidup bersama dengan damai. Berawal dari macam-macam mitos atau kepercayaan itulah yang diwariskan kepada turunannya hingga saat ini.

Memang tidak semuanya dapat dibuktikan bahwa itu adalah benar, namun mitos-mitos ini diyakini oleh sebagian orang. Tapi memang ada mitos yang terkesan aneh, namun masih tetap dipercaya. Seperti apakah itu? Yuk, langsung saja simak..

1. Makan bersisa maka ayam akan mati

Foto: @Republika
Biasanya hal ini sering dilakukan oleh anak kecil. Ya seringkali makanan yang diberikan orang tua malah disikan dan tidak mau dimakan lagi. Mungkin disebabkan dengan banyak hal dan alasan seperti tidak suka dengan makanan yang ada. Jika sudah begitu, biasanya ibu akan mengatakan ‘Makan harus habis, kalau sisa nanti ayam/ikan/kucing mu mati’.

Cukup ada hubungannya antara makan dengan hewan peliharaan. Karena saat masih kecil, anak-anak seringkali mempunyai hewan peliharaan yang sangat disayang. Dan jika sang pemiliknya tahu jika hewan peliharaannya akan mati, mereka akan sedih dan disitulah orang tua dapat mengancam anaknya dengan kata-kata begitu. Sehingga mereka mau menghabiskan makanannya agar peliharaannya itu tidak mati.

2. Main saat Maghrib bisa diculik wewe gombel

Ilustrasi
Sebelum kehidupan kita ini dikuasai oleh yang namanya gadget, anak kecil jaman dulu seringkali senang bermain-main di luar hingga malam hari. Dan saat waktunya Maghrib, para orang tua akan berkata, ‘Jangan main di luar waktu Maghrib. Anak kecil yang nggak nurut nanti bakal diculik Wewe Gombel!’.

Hantu wewe gombel memang identik dengan hantu yang senang menculik anak kecil. Dan mitos ini hanyalah sebuah ancaman bagi anak-anak agar memiliki kedisiplinan dalam hal waktu bermain. Karena waktu Maghrib adalah waktu dimana siang sudah menjadi malam dan disitulah mereka harus menghentikan aktivitas di luar.

3. Mandi malam dapat mengakibatkan rematik

Foto: @Nyata
Sepertinya banyak orang Indonesia yang percaya dengan mitos yang satu ini. Dan faktanya mitos tersebut dapat dibuktikan dengan ilmu pengetahuan. Karena mandi ketika malam hari dapat membuat tulang sendi terasa nyeri. Ini disebabkan karena hawa malam dapat menghambat aliran oksigen ke dalam tulang dan bisa terjadi penyempitan dan berasa nyeri.

Jika sudah diketahui kebenarannya, masih ingin mandi saat malam hari?

4. Jangan memakai baju hijau ke pantai

Ilustrasi
Pantai merupakan tujuan para wisatawan untuk berlibur. Tapi, ada satu mitos yang sangat dipercaya oleh banyak orang, yakni jangan memakai baju hijau jika ke pantai karena katanya nanti akan ditarik oleh ‘penguasa Laut Selatan’, yaitu Nyi Roro Kidul. Apakah iya?

Pada dasarnya, jika dilihat dari jauuh air laut selatan di pulau Jawa memang terlihat berwarna biru kehijauan. Maka dari itulah, nantinya jika ada yang tenggelam, sulit dibedakan warnanya dengan air laut tersebut. Bagaimana, apakah alasannya masuk akal ataukah masih percaya dengan mitos tersebut?
(Kapanlagi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *