Nama Kakak Beradik Ini sungguh Unik Yaitu “N” dan “.”



Hotmagz – Setelah beberapa nama unik diekspos oleh media, banyak nama unik baru yang kemudian bermunculan. Sesudah ada nama Tuhan, Saiton, Malaikat, D, serta Andy Go To School, di Jepara nyatanya ada kakak beradik dengan nama unik, yaitu N serta tanda baca. (titik). 
Nama itu bukanlah inisial, tetapi nama resmi yang terdaftar di seluruh kartu idntitas mereka. 
Kakak beradik ini merupakan anak pasangan Ali Mas’ud serta Kismawati, warga Dukuh Sidang RT 39 RW 08 Desa Sinanggul Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara. Anak pertama mereka dinamakan N. Nama yang dipunyai remaja jebolan sekolah tinggi pengetahuan keperawatan di Semarang ini, pernah terdaftar di Museum Rekor Indonesia juga sebagai nama terpendek di Indonesia pada th. 2000. 
Ali mengemukakan, pemberian nama N sendiri alasannya karena atas anjuran dari kyai tempat dahulu Ali menimba pengetahuan agama, dianjurkan untuk pemberian nama anak diambilkan dari Alquran yang mempunyai makna baik. 
“Di dalam Alquran itu ada surat Nun, lalu saya beri nama anak saya N. Bila saya beri nama Nun kan kasihan kelak jadi jadi ejek-ejekan, ” kata Ali pada Liputan6. com. 
Pada mulanya, beberapa tetangga serta kerabat mempertanyakan serta seakan tidak dapat menerima nama N. Tetapi, bersamaan berjalannya waktu, nama N untuk warga setempat jadi tak asing lagi. 
“Dulu bila masuk rumah sakit petugasnya tak yakin, nama kok N. Demikian dengan juga tetangga-tetangga banyak yang bertanya-tanya, ” kata Ali. 
N sendiri mengakui tak pernah memprotes pada orangtuanya mengapa dinamakan cuma satu huruf. Bahkan juga, N mengakui tak canggung serta kurang percaya diri bergaul dengan rekan-temannya. 
“Teman-teman biasa saja, malah saya jadi bangga dengan pemberian nama orang-tua ini, ” kata N. 
Mulai sejak nama N disematkan pada dianya, N cuma menjumpai masalah waktu pengurusan pendaftaran atau regristasi di instansi baru. Seperti sistem pendaftaran kuliah atau pembukaan rekening bank. N pastinya tidak cukup sekali menjawab ketika ditanya atau disuruh menulis namanya.
“Kalau daftar di beberapa tempat baru, pasti di tanya hingga berkali-kali. Seperti buka rekening bank, hingga di belakang nama saya dinamakan orang-tua, ” kata aktor teater ini. 
Adik N nyatanya mempunyai nama tidak kalah unik. Ia sekarang ini masih menempuh pendidikan di tingkat SMP. Adik N ini mempunyai nama. (titik). Kismawati, ibu. bercerita, bahwa pemakaian nama berbentuk tanda baca itu nyatanya membawa kesusahan. 
“Pemakaian tanda baca. cuma hingga SD. Penggunaan tanda baca itu punya masalah saat hadapi ujian kelulusan sekolah. Dimana system computer tidak mampu membaca. Sedang di akta kelahiran tercatat., tetapi jati diri di sekolah ditulis titik, ” terang dia. 
“Dulu dia kerap memprotes mengapa dinamakan titik yang ditulis dengan tanda baca, namun sesudah ditukar dengan tulisan ya, sekarang sudah tidak memprotes lagi, ” kata Kismawati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *