Orang Dengan Perut Buncit Ternyata Lebih Rentan Terkena Serangan Jantung Mendadak



HOTMAGZ – Perut buncit bukanlah suatu penyakit atau masalah kesehatan. Namun perut buncit bisa menjadi sumber penyakit yang bahkan bisa membuat seseorang kehilangan nyawanya. 
Sebuah hasil penelitian menemukan bahwa seseorang yang memiliki perut buncit memiliki resiko yang lebih besar untuk mengalami kematian jantung mendadak.
Seseorang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas sudah sering dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan yang berkaitan dengan kardiovaskular, contohnya penyakit jantung. Salah satu penyakit jantung yang mematikan adalah serangan jantung mendadak atau Sudden Cardiac Death.
Namun para peneliti masih ingin melakukan penelitian apakah ada keterkaitan antara masalah perut buncit dengan resiko yang lebih besar pada seseorang untuk terkena serangan jantung mendadak. Hal ini dilakukan peneliti mengingat bahwa dalam kurun waktu 12,5 tahun, terjadi 253 kasus kematian jantung mendadak yang kebanyakan terjadi pada seseorang yang telah berusia diatas 50 tahun.
Seseorang yang mengalami masalah kematian jantung mendadak juga biasanya memang telah memiliki penyakit kardiovaskular seperti kolesterol tinggi dan tekanan darah yang tinggi atau hipertensi.
Selain itu, masalah kematian jantung mendadak juga biasanya terjadi pada orang-orang yang memiliki body mass index yang lebih tinggi serta lingkar pinggal yang lebih besar daripada lingkar pinggulnya.
Lingkar pinggang yang lebih besar daripada lingkar pinggul adalah salah satu ciri seseorang terkena obesitas.
Jadi para peneliti menarik kesimpula bawa seseorang yang menunjukkan tanda-tanda mengalami obesitas yang bisa diukur dengan Body Mass Index dan memiliki ukuran lingkar pinggang yang lebih besar akan memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami serangan jantung mendadak.
sumber: segiempat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *