Patung Kuno Budha Ini Berisi Mumi Biarawan Berusia 1.000 Tahun

Penelitian yang dipimpin Erik Bruijn, meneliti patung Buddha, yang di dalamnya terdapat mumi rahib dan kertas bertuliskan aksara China. (Drents Museum) 
Patung Buddha yang baru saja ditemukan dari era ke 11 serta 12 masehi asal Tiongkok mengagetkan beberapa ilmuwan. Sesudah melakukan pemeriksaan dengan sistem CT Scan, didalamnya ada kerangka manusia yang dipercaya yaitu seseorang biarawan. 
Erik Bruijn, pakar di bagian seni Buddha serta budaya, memimpin riset mumi dari Buddhist master Liuquan, yang datang dari Sekolah Meditasi Tiongkok, kira-kira 1100 tahun masehi. 
Pada awal mulanya memang telah dipercaya bahwa patung itu diisi mumi biarawan. Sesudah melakukan CT Scan, terlihat rangka didalam patung itu. Tetapi yang mengagetkan peneliti yaitu organ dari biarawan itu nyatanya tak ada. 
Demikian sebaliknya, didalam rongga badan yang semestinya diisi organ itu peneliti temukan potongan kertas yang bertuliskan aksara Tiongkok kuno. Demikian hal yang dilaporkan CNET. 
Tim peneliti ini yakin mumi itu yaitu misal pengabadian diri untuk jadi ” Buddha yang hidup. ” Dalam soal ini seorang ‘tidak mati, ‘ namun naik ke tingkat spiritual yang lebih tinggi, atau untuk yang lain ke tingkat pencerahan yang lebih tinggi. 
Patung mumi itu dibawa dari Tiongkok ini pada 2014 untuk dipamerkan di semua dunia, termasuk juga di museum Drents, di Belanda. Patung ini dibawa ke CT Scan untuk lihat dalamnya seperti apa. 
Di Meander Medical Centre di Amersfoort, mumi itu juga melakukan sistem endoskopi serta pengambilan dna untuk riset selanjutnya. Sesudah riset ini, mumi dipamerkan di museum Hungaria, sampai Mei 2015.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *