Pemilik Tensi Rendah Makan Daging Kambing? Baca Ini!

HOTMAGZ– Pada Hari Raya Kurban biasanya masyarakat muslim yang merayakannya akan menikmati berbagai hidangan yang mengandung daging kambing atau daging sapi. Yang memiliki tensi darah yang tinggi jelas saja tidak boleh mengonsumsi daging kambing. Dan yang memiliki tensi darah rendah bukan berarti dapat mengonsumsi daging kambing dengan bebas.
Dalam tulisannya yang dikutip dari Kompas.com, Ari selaku pengamat kesehatan, Staf Pengajar Ilmu Penyakit Dala, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menjelaskan tekanan darah rendah bisa disebabkan oleh berbagai hal. Bisa karena perdarahan, kurang minum sampai mengakibatkan dehidrasi, kelelahan atau kurang tidur. Tensi yang rendah juga dapat disebabkan karena gangguan pada jantung baik karena kelainan katup atau serangan jantung bahkan gagal jantung.
Tapi pada sebagian masyarakat, tanpa melihat kenapa tekanan darahnya rendah langsung menkonsumsi daging kambing secara berlebihan. Kalau tensi turun karena gangguan jantung, konsumsi daging kambing yang berlebihan justru akan fatal dan memperburuk keadaan.
Mengonsumsi daging kambing secara berlebihan akan menyebabkan sembelit. Tidak hanya itu, bagi yang memiliki penyakit GERD (penyakit dimana asam atau isi lambung balik arah ke atas) juga dapat bertambah parah keadaannya.  Efek jangka panjang yang bisa kita rasakan adalah kolestrol yang meningkat.
Jika Anda gemar mengonsumsi daging kambing, dapat diimbangi juga dengan makanan sehat seperti buah dan sayur untuk mencegah penyakit-penyakit tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *