Penelitian: Pria Rentan Mengalami Pikun Jika Terus Mengonsumsi Gorengan

HOTMAGZ– Sudah sangat umum memang jika ada berita beredar bahwa gorengan mempunyai resiko yang tinggi dalam meningkatkan kolestrol dan sakit jantung. Tapi, ternyata ada penemuan baru yakni lemak trans yang berada di dalam gorengan dapat mengubah fungsi dari otak manusia.

Fakta ini muncul setelah sebelumnya dilakukan penelitian terhadap 1.000 partisipan dewasa, yang 700 orang diantaranya adalah laki-laki yang berusia lebih dari 20 tahun. Hasilnya, mereka pria yang senang memakan makanan yang mengandung lemak trans mengalami penurunan memori, khususnya mereka yang masih dalam usia produktif.

“Lemak trans jelas ditemukan dapat merusak memori pada pria muda hingga usia paruh baya, pada usia kerja dan masa-masa pembentukan karir yakni usia 10 hingga 45 tahun,” tutur seorang peneliti, Beatrice A Golomb dari University of California di San Diego, seperti yang dilansir dari Foxnews.

Dalam penelitian ini, yang diamati adalah fungsi memori dari para partisipan dengan melakukan tes untuk mengingat kartu. Jumlah kartu yang disediakan sekitar 100 buah dengan didalamnya diisikan satu buah kata.

Setiap ada kelebihan 1 gram lemak trans yang dikonsumsi setiap harinya, para partisipan ini mengalami penurunan dalam mengingat jumlah kata rata-rata 0,76 kata. Para ilmuwan menduga, efek lemak trans bisa meningkatkan stres oksidatif dan dapat berakibat pada cadangan energi dalam sel.

Stres oksidatif juga berhubungan dengan penyakit jantung dan pembuluh darah. Sebaliknya, makanan-makanan kaya antioksidan seperti cokelat bisa membuat fungsi otak lebih meningkat.
(Dream)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *