Penyakit Yang Disebabkan Oleh Penggunaan Toilet Duduk

Posted on
Ilustrasi
HOTMAGZ– Mayoritas dari penduduk Indonesia memang menggunakan toilet jongkok. Tapi, seiring dengan berkembangnya gaya hidup modern, banyak orang mengganti toilet jongkoknya dengan toilet duduk.

Tapi tahukah Anda ternyata toilet duduk dapat mengakibatkan beberapa masalah kesehatan seperti sembelit? Menurut seorang okter Israel bernama Dov Sikirov di Digestive Diseases and Sciences yang pernah melakukan penelitian mengatakan jika dalam posisi duduk, otot akan sulit untuk mempertahankan kontinuitas untuk mengeluarkan kotoran. Tubuh juga sulit memberikan tekanan yang lebih untuk mengeluarkan kotoran.

Berikut adalah beberapa bahaya yang dapat mengancam jika menggunakan toilet duduk, seperti yang dikutip oleh Hotmagz.com dari healthmeup.com.

Penyakit usus
Kotoran yang tidak terkeluarkan seluruhnya akan menyebabkan menjadi tertumpuk di usus. Saat usus sudah dipenuhi dengan kotoran, maka sulit bagi tubuh untuk menyerap nutrisi sehingga tubuh menjadi tidak sehat.

Sembelit
Dengan posisi duduk, kotoran tidak bisa keluar dengan maksimal. Sehingga nantinya kotoran malah bertumpuk dan menyebabkan kotoran sulit dikeluarkan dan sembelit akhirnya.

Infeksi saluran kencing
Kencing sambil duduk membuat kotoran tidak terkeluarkan seluruhnya. Dengan posisi jongkok akan membuat kandung kemih benar-benar kosong sehingga terhindar dari infeksi saluran kencing.

Hemoroid
Hemoroid adalah keadaan dimana otot anal Anda meradang karena tegang dan mendorong terlalu keras. Vena akan membengkak dan bahkan terjadi pendarahan.

Gangguan pada panggul
Saat duduk, terjadi beberapa tekanan pada usus besar yang akan berdampak negatif pada panggul. Sedangkan jika Anda jongkok, saraf panggul akan terlindungi.

Sedikit orang yang mengetahui bahaya dari penggunaan toilet duduk. Sebaiknya pilihlah yang benar-benar aman bagi kesehatan tubuh, bukan hanya karena mengikuti gaya hidup modern saja ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *