Prediksi Ilmuwan, Di Masa Depan Tikus Bisa Sebesar Domba

Hotmagz – Banyak film-film mengusung konsep perubahan genetika dari hewan-hewan yang berevolusi karena dampak industri dan lingkungan. Tapi apakah itu bisa benar-benar terjadi di dunia nyata?
Semakin minimnya ketersediaan tempat untuk satwa liar untuk hidup serta mencari makanan bikin persaingan serta pertandingan mereka makin ketat. Satwa yang ada di rantai makanan paling tinggi seperti type predator bakal makin kesusahan untuk bertahan lantaran ketersediaan satwa yang diburunya makin kecil. Hal semacam ini pasti menimbulkan prediksi bahwa hewan predator tingkat tinggi seperti harimau, macan, kucing serta anjing di masa yang akan datang bisa tidak bertahan hidup. 
Menurut Dr Jan Zalasiewicz, seseorang geolog dari University of Leicester, di masa yang akan datang rantai makanan paling tinggi bakal di isi oleh tikus. Yang mengagetkan, Dr Jan menyampaikan hipotesis bahwa di masa yang akan datang tikus bakal memiliki ukuran sebesar domba. Hiii…! 
 ” Hewan bakal berevolusi dari masa ke masa jadi bentuk yang sangat mungkin mereka bertahan hidup serta menghasilkan keturunan, ” kata Dr Zalasiewicz. 
Dr Jan memberi contoh hal semacam ini dengan berpatokan pada kejadian yang berlangsung di masa Cretaceous. Di saat itu, dinosaurus yang ada di rantai makanan paling tinggi sangatlah menguasai kehidupan satwa. Tetapi, setelah kesulitan beradaptasi dengan perubahan lingkungan sehingga mengalami kepunahan, para satwa yang berukuran kecil di saat itu mampu bertahan dan berevolusi ke bentuknya sekarang ini. Hewan-hewan seperti kuda, mastodon, badak, gajah, dan lainnya mendominasi rantai makanan sehingga memiliki bentuk tubuh yang lebih besar dibanding bentuk asli mereka di jaman Cretaceous.
Berkaca pada apa yang berlangsung di waktu lampau, Dr. Jan lihat bahwa tikus adalah spesies yang paling diuntungkan dalam persaingan pada beberapa predator. Saat ruangan serta ketersediaan makanan makin menipis, beberapa predator bakal alami kepunahan dengan cara perlahan-lahan. 
Untuk makin menguatkan teori ini, Dr. Jan bakal lakukan uji coba dengan mengisolasi beberapa tikus di suatu pulau. Bila sukses, jadi kita bakal melihat tikus yang berwujud raksasa seperti Kapibara. Tertarik untuk memeliharanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *