Riset Ilmuwan : Gunakan Banyak Gadget Bisa Turunkan IQ

Diantara kita pasti banyak yang sering memakai beberapa gadget dengan kurun waktu berbarengan, hal ini tentunya merupakan hal umum yang sering dilakukan. Kita acap mengecek status lewat smartphone sambil melihat tv serta merampungkan pekerjaan di computer / laptop. 
Nyatanya pemakaian beberapa gadget berbarengan tersebut beresiko jelek buat otak manusia. 
Dengan menggunakan beberapa gadget sekaligus ternyata bisa menurunkan tingkat kecerdasan (IQ) lantaran otak bekerja tak teratur. 
Waktu pikiran konsentrasi cuma pada satu hal, info bakal diolah dengan cara benar. Info itu disimpan dalam hippocampus, perpustakaan dalam otak dimana data ditata. Data lalu dikategorisasi hingga gampang untuk di ambil kembali. 
Tetapi pada saat kita melakukan beberapa hal sekaligus, info disimpan dibagian lain otak bernama striatum. Sisi otak yang satu ini ikut serta dalam gerakan rencana serta motivasi, bukannya menaruh data. Jadi info yang masuk lebih susah untuk di ambil kembali. 
Peneliti dari University of Copenhagen, Denmark menyebutkan, mengirim data ke daerah otak striatum kerap membuat pola, mengirim info kembali ke otak untuk menaruh info ditempat yang salah. 
Beberapa ilmuwan yang melakukan riset itu menyampaikan, setiap saat manusia beralih dari gadget satu ke yang lain, badan mengeluarkan kimiawi L-dopa yang menghasilkan hormon dopamin. 
Penambahan kandungan dopamin ada hubungan dengan penyalahgunaan obat terlarang. Beberapa ilmuwan menyampaikan berpindah-pindah gadget beresiko pada kekuatan kognitif yang lebih jelek dari pada mabuk lantaran obat terlarang. (Daily Mail)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *