Rumor Gaetan Dugas Si Pasien Zero AIDS

Posted on

Hotmagz.com – Anda pasti setidaknya pernah mendengar tentang pasien zero. Pasien zero sendiri merupakan istilah di dunia kedokteran yang biasanya sering digunakan untuk pasien pertama kali yang menyebabkan suatu wabah penyakit dimulai. Sering sekali pasien zero dikaitkan dengan orang pertama yang membawa sumber penyakit yang kemudian menjadi epidemi. Zero sendiri menjadi lambang permulaan menurut pakar sejarah medis asal University Of Cambridge yaitu Richard McKay.

Dalam artikel rumor Gaetan Dugas si pasien zero AIDS untuk penyebaran virus HIV, diketahui bahwa McKay adalah salah satu peneliti yang turut membersihkan nama Gaetan Dugas sebagai pasien zero untuk penyakit mematikan tersebut. Gaetan Dugas sendiri adalah seorang pramugara yang memiliki darah Prancis dan Kanada dari maskapai Air Canada. Gaetan Dugas diduga merupakan penderita pertama AIDS, karena dirinya sangat aktif secara seksual dan menyebarkam virus tersebut bahkan sebelum virus tersebut berhasil diidentifikasi.

Adanya jurnal kedokteran dari American Journal Of Medicine tahun 1984 yang menjadikan Gaetan Dugas sebagai pasien zero yang diduga menyebarkan virua tersebut. Dalam jurnal kesehatan tersebut terlacak infeksi awal di New York City yang kemudian berujung pada pramugara penyuka sesama jenis yang tidak disebutkan namanya. Adanya hipotesis dari para epidemiolog yang menyimpulkan bahwa Gaetan Dugas membawa virus tersebut dari Afrika ke komunitas sesama jenis  di dunia barat.

Gaetan Dugas dalam dokumentasi lain terekam sebagai orang yang memiliki perilaku sosiopatik yang memang sengaja menularkan virus tersebut sehingga membahayakan orang lain. Dugas terkenal tampan bahkan memiliki ratusan pasangan bahkan dirinya mengatakan bahwa dia mengencani lebih dari 2500 orang dari Amerika Utara dimulai tahun 1972.

Gaetan Dugas sendiri dalam artikel Rumor Gaetan Dugas Si Pasien Zero AIDS, dikabarkan meninggal di Kanada tepatnya Quebec City tanggal 30 Maret 1984 diakbatkan oleh gagal ginjal yang merupakan salah satu infeksi dari penyakit AIDS yang dideritanya. Namanya dinobatkan sebagai Patient Zero yaitu pada Maret 1984 oleh penelitian yang dirilis oleh CDC (Centers for Disease Control and Prevention).

Para ahli banyak yang mengatakan bahwa Gaetan Dugas bukanlah pasien pertama. Jauh sebelum Dugas telah ditemukan AIDS di Missouri yaitu tahun 1968 dimana seorang remaja kulit hitam bernama Robert Rayford terinfeksi oleh virus HIV tersebut. Robert Rayford meninggal akibat pneumonia yang diderita, tetapi tidak ada data atau jurnal kedokteran yang membahasnya.

Tidak hanya itu adanya bukti baru yang beredar bahwa virus HIV pertama kali muncul di New York yang kemudian menyebar ke wilayah San Fransisco di Amerika Serikat. Diduga virus tersebut berasal dari Haiti dan kepulauan Karibia lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *