Sebarkan, Inilah Gejala Virus Zika dan Cara Pengobatannya

Posted on
Hotmagz – Saat ini penyebaran Virus Zika sedang menjadi perbincangan di dunia. Virus berbahaya ini awalnya terdeteksi di Indonesia. Lantas bagaimanakah gejalanya bila anda terinfeski virus ini? Mari kita pelajari lebih lanjut.

Di perkirakan virus ini sudah ada d indonesia sejak thn 1978. Kenapa virus ini sekarang begitu banyak dibicarakan? Berbagai laporan di luar negeri khususnya di Brasil, penyakit infeksi virus Zika ini dihubungkan dengan bayi dengan kepala yang kecil (mikrosefali). Jadi ibu-ibu yang terinfeksi oleh virus ini saat hamil bisa melahirkan bayi dengan kelainan kepala tadi sehingga perkembangan otaknya menjadi terganggu.

Oleh karena itu minggu lalu tanggal 15 Januari 2016, pemerintah Amerika melalui US Centers for Disease Control and prevention (CDC) telah memberikan travel alert buat warganya yang sedang hamil atau sedang berencana untuk hamil untuk menunda melakukan perjalanan ke negara-negara yang sedang terjangkit virus Zika ini.

Foto : Lavibora.com
Dikutip lewat situs resmi depkes.go.id, Senin (1/2), ternyata 1 di antara 5 orang yang terinfeksi virus zika akan menunjukkan gejala seperti berikut ini di antaranya demam, kulit berbintik merah, sakit kepala, nyeri sendi, nyeri otot, sakit kepala, kelemahan dan terjadi peradangan konjungtiva. 
Sedangkan ada sebagian kasus zika yang mengalami gangguan saraf dan komplikasi autoimun. Gejala penyakit ini menyebabkan kesakitan tingkat sedang dan berlangsung selama dua hingga tujuh hari. 
Sebenarnya penyakit ini sering kali sembuh dengan sendirinya tanpa memerlukan pengobatan medis. Apabila kondisi tubuh baik maka penyakit ini bisa sembuh dalam waktu tujuh hingga duabelas hari.
Sedangkan pada beberapa kasus suspek Zika dilaporkan juga mengalami sindrom Guillane Bare. Namun hubungan ilmiahnya masih dalam tahap penelitian.
Lantas apa yang mesti dilakukan apabila seseorang terinfeksi virus Zika? Bila terinfeksi virus Zika, maka lakukan hal-hal sebagai berikut:
1. Istirahat cukup
2. Konsumsi cukup air untuk mencegah dehidrasi
3. Minum obat-obatan yang dapat mengurangi demam atau nyeri
4. Jangan mengkonsumsi aspirin atau obat-obatan NSAID (non stereoid anti inflmation) lainnya.
5. Cari pengobatan ke pelayanan kesehatan terdekat.
Sebarkan informasi ini, semoga bermanfaat untuk orang lain.


BACA JUGA TENTANG : Infografis : 7 Hal Penting Dalam Menghadapi Virus Zika

Sumber : http://bandung.merdeka.com/halo-bandung/ini-gejala-virus-zika-dan-cara-mengobatinya-160201i.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *