Selain Dengan Meraba, Deteksi Benjolan Kanker Dengan Melakukan Ini

HOTMAGZ-Salah satu tanda adanya kanker adalah terdapat benjolan pada payudara. Benjolan ini akan terasa jika Anda merabanya sendiri. Namun, untuk yang tidak menemukan benjolan pada payudaranya, bukan berarti tidak ada peluang untuk kanker tumbuh. Bisa saja benjolan tersebut berukuran kecil dan tidak terasa jika diraba.

“Lagi pula manifestasi kanker payudara sudah dapat terlihat meskipun belum ada benjolan pada payudara,” ujar dokter pakar kanker payudara, Alfiah Amiruddin, dalam sebuah talk show bertajuk “Support Pinktober – Show that you care”, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Memang melakukan pemeriksaan dengan meraba ini belum tentu akurat. Lebih pastinya lagi jika Anda memeriksanya menggunakan teknik seperti mamografi. Jika mamografi dilakukan dengan rutin akan dapat mendeteksi adanya pengapuran kecil yang merupakan awal dari terjadinya kanker payudara.

Dengan mamografi ini dapat membantu seseorang mengetahui kanker payudara sejak dini. Sebelum kanker memasuki stadium akut. Karena jika Anda mengetahuinya sejak dini, kanker akan lebih mudah untuk disembuhkan, seperti yang dilansir oleh kompas.com.

Dapat dilakukan juga dengan ultrasonografi (USG). USG ini sebaiknya dilakukan oleh wanita yang masih belia yang umurnya dibawah 40 tahun karena tekstur payudara yang masih padat. Disarankan melakukan USG ini seminggu setelah masa datang bulan selesai. Dilakukan berapa kalinya, tergantung dari seberapa besar kemungkinan Anda dapat terkena kanker payudara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *