SMS Dapat Membuat Orang Sakit Lebih Cepat Sembuh

 

ilustrasi menggunakan ponsel. © Ubergizmo.com

HOTMAGZ – Saat seorang sakit dia akan pergi ke dokter dan akan selalu membeli resep sesuai yang disarankan dokter. Namun tidak semua yang dikatakan dokter di turuti oleh pasien dari mulai makanan yang dilarang untuk di konsumsi dan juga tentang konsumsi obat yang harus dihabiskan, terkadang orang mengabaikan konsumsi obat yang secara teratur sampai habis dengan alasan sudah sembuh.

Namun sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa SMS dapat membuat orang sakit menjadi sehat, Seperti yang dikutip dari Ubergizmo (7/12)

300 pasien didata dan dipisah menjadi dua kelompok bagian. Di kelompok pertama pasien akan diingatkan secara berkala untuk meminum obat secara rutin oleh para peneliti dan kelompok satunya lagi tidak diingatkan untuk itu. Sebanyak 91 persen dari orang yang  diingatkan dengan SMS telah meminum habis obat yang diberikan dokter dan mereka sembuh lebih cepat. Dan hanya 9 persen saja yang mengabaikan SMS tersebut. Dan di kelompok kedua yang tidak di ingatkan melalui SMS hanya 25 persen saja yang menghabiskan obatnya.

Menurut Dr David Wald, ahli jantung di Queen Mary University, mengatakan bahwa dengan adanya SMS ini, akan lebih berpengaruh pada kepedulian pasien. Menurutnya ini bukan hanya sekedar pengingat namun SMS digunakan untuk melihat pasien yang memang membutuhkan bantuan

Mungkin dengan adanya penemuan ini beberapa rumah sakit akan menerapkan sistem yang sama agar pasien dapat meminum obat secara rutin dan teratur. Dan sistem pesan teks otomatis menjadi sebuah pilihan yang tepat. (Merdeka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *