Tak Sempat Berolahraga Karena Sibuk? Ini Jawabannya!

Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Banyak orang sibuk dengan kegiatannya dan tidak sempat untuk berolahraga. Olahraga Tabata adalah jawabannya. Jenis olahraga ini memang untuk orang-orang seperti Anda yang tidak sempat berolahraga karena sibuk.
Tabata adalah olahraga yang hanya dilakukan dalam beberapa menit saja tetapi dapat membakar kalori seperti saat Anda sedang bersepeda.
Olahraga Tabata ini menjadi kesukaan banyak orang karena olahraga ini hanya dilakukan dalam waktu 4 menit saja. Bisa dilakukan sprit dalam waktu 20 detik dan bisa dilanjutkan dengan joging dalam waktu 10 detik.
Bisa juga melakukan jumping jack selama 20 detik lalu melakukan joging selama 10 detik. Ulangi latihan ini sampai 8 kali. Tabata ini berkaitan dengan semua jenis olahraga seperti kardio, lari, berenang, bersepeda, ataupun lompat.
Pemilik Tabata Training di Jepang mengatakan bahwa Tabata ini meningkatkan konsumsi oksigen maksimal hingga 14% yang mengakibatkan terbakarnya lemak dan membentuk otot tubuh.
Tapi ingat, sebelum melakukan Tabata harus dilakukan pemanasan selama 10 menit terlebih dahulu karena olahraga ini termasuk jenis olahraga berintensitas tinggi. Jangan lupakan juga pendinginan setelahnya dilakukan selama 10 menit juga.
Sayangnya, karena olahraga ini cukup ekstrem, maka tidak semua orang bisa melakukannya. Bagi Anda yang masih pemula, lakukan latihan kardio lain setidaknya seminggu sekali agar tubuh lebih siap untuk melakukan olahraga ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *