Tidak Suka Pria Berjenggot? Baca Dulu Ini!

HOTMAGZ- Umumnya wanita tidak menyukai pria yang berjenggot atau bercambang. Tapi, coba ketahui dulu informasi ini mungkin bisa saja Anda berubah pikiran dan malah melarang mereka untuk cukur jenggot dan cambang mereka. Ternyata ada beberapa manfaat jika seorang pria memiliki jenggot dan cambang, seperti yang dilansir oleh tempo.com:

1. Melindungi kulit dari sinar matahari

Wajah yang memiliki jenggot dan cambang ternyata bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung, dan akibatnya penyakit kanker akan terhindari, ini merupakan sebuah hasil penelitian yang dilakukan di University of Southern Queensland dan dipublikasikan di jurnal Radiation Protection Dosimetry. Para ilmuwan melihat bagian wajah yang tertutupi oleh jenggot dan cambang rata-rata sepertiga lebih rendah terkena sinar UV yang dapat membahayakan kulit.

Seorang dermatologis terkenal di London, Dr. Nick Lowe, mengatakan bahwa secara umum rambut memang melindungi kulit dari kena sinar matahari. Karena itulah, jumlah wanita yang mengalami kerusakan kulit karena matahari lebih sedikit karena rambut menutupi bagian leher dan sisi wajah dibandingkan dengan mereka kaum pria yang memiliki rambut pendek.

2. Mencegah penyakit asma

Penyakit asma biasanya disebabkan karena adanya serbuk dan debu yang terdapat pada rambut wajah atau cambang besar dan jika terus diam di cambang, hal itu dapat menurunkan kemungkinan seseorang mengalami gejala asma.

Rambut cambang yang mencapai hidung dapat menghambat masuknya penyebab alergi ke dalam hidung dan terhisap paru-paru, hal ini diungkapkan oleh seorang ahli kesehatan rambut dan pemilik Birmingham Trichology Centre, Carol Walker.

“Secara teori, cambang bisa menghentikan apapun yang memicu asma untuk masuk ke saluran pernapasan tetapi bentuknya harus yang besar,” ujar Dr. Felix Chua, konsultan sistem pernapasan di London Clinic.


3. Memperlambat Penuaan

Rambut yang terawat dan bagus dapat membuat kulit Anda menjadi tetap muda. Rambut berfungsi untuk menahan angin yang dapat mengenai wajah, sehingga kulit tidak mudah kering, tutur Dr Lowe seperti dikutip situs Health day edisi 19 Februari 2013.


4. Membantu Melawan Pilek

Jenggot tebal yang ada di bawah dagu dan leher dapat meningkatkan temperatur leher dan bisa membantu tubuh agar bisa melawan virus pilek. “Rambut adalah insulator yang menjaga Anda tetap hangat. Jenggot yang panjang dan penuh bisa menahan udara dingin dan meningkatkan temperatur di sekitar leher yang menjadikannya bonus tambahan ketika Anda di udara dingin,” ungkap Carol Walker.

5. Mencegah Kulit Kemerahan dan Infeksi

Dengan kegiatan mencukur jenggot, biasanya mengakibatkan kulit menjadi merah. Dan hal inilah yang menjadi faktor penyebab seseorang mengalami infeksi bakteri di sekitar area jenggot. “Hal ini bisa menyebabkan kemerahan akibat pisau cukur, rambut yang tidak tumbuh dan kondisi seperti folliculitis, jadi pria mendapatkan keuntungan dari memelihara jenggot,” ujar Dr. Martin Wade, konsultan dermatologis di London Skin and Hair Clinic.

Bagaimana Sobat Hotmagz, banyak manfaatnya bukan jika seorang pria memiliki jenggot dan cambang?
(Terselubung)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *