Tongsis bisa sebabkan masuk penjara di Korea Selatan

 

ilustrasi selfie. © smh.com

HOTMAGZ – Tongsis adalah sebuah alat yang digunakan untuk selfie. Bagaimana bisa memakai tongsis atau tongkat selfie ini bisa dipenjara, itu bisa terjadi di Korea Selatan karena baru-baru ini negeri ginseng itu telah mengeluarkan kebijakan baru tentang penggunaan tongsis. Dan akhir-akhir ini tongsis mulai dilarang pengunaanya.

WSJ (21/11), menyebutkan bahwa secara khusus tongsis yang dilarang adalah yang menggunakan fasilitas bluetooth. Yang biasanya tongsis ini dilengkapi dengan tombol yang dalam penggunaanya memiliki fungsi ‘shutter release’.

Pemerintah Korea Selatan menganggap tongsis yang menggunakan bluetooth sudah termasuk dalam alat komunikasi karena dapat memancarkan radiasi elektromagnetik yang dapat mepengaruhi perangkat lain didekatnya. Hal itu yang dikhawatirkan bisa dimanfaatkan untuk menangkap sensor perangkat lainya yang secara kebetulan sedang menyalakan bluetooth.

Akhirnya pemerintah melakukan uji coba terhadap tongsis untuk mendapat pengakuan atau sertifikat resmi bahwa itu adalah jalan yang benar dan tanpa menimbulkan efek yang besar. Sehingga masyarakat diharuskan membeli tongsis dengan sertifikat resmi dari pemerintah.

Dan jika ada yang menggunakan tongsis tidak bersertifikat resmi pemerintah akan menindak tegas dan menjatuhi hukuman yaitu denda maksimal Rp 327 juta atau penjara maksimal 3 tahun. (Merdeka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *