VIDEO Robot Cantik Mirip Manusia ini Ahli Bahasa Isyarat

foto: copyright japantimes.co.jp
Di masa yang telah modern ini pembuatan robot telah sangatlah mutakhir. Kecanggihan itu tampak dari bentuk yang makin lama jadi seperti manusia. Bahkan juga terdapat beberapa kelebihan dibanding penemuan robot pada awal mulanya. 
Di pojok gelaran pameran tehnologi International Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, ada seseorang wanita bergaun warna merah muda yang cukup menarik perhatian. Nyaris sama juga dengan jenis peraga product yang lain, wanita ini dapat bergerak serta berbicara dengan luwes. 
Namanya Chihira Aiko. Tetapi, ternyata dia bukan wanita sungguhan, tetapi sebuah robot. Ya, sosok cantik memiliki rambut sedikit kecoklatan itu ternyata robot android komunikasi yang di kembangkan Toshiba Communication Android. 
foto: copyright japantimes.co.jp
Dengan suara serta style bicara bak manusia, Chihira menuturkan siapa dianya serta untuk apa dia di buat. Satu waktu kelak, Chihira atau ‘makhluk’ sejenisnya akan jadi presenter berita, pemandu sorak, atau bahkan juga psikiater. 
Tidak sebatas bicara. Chihira dapat juga merubah mimik berwajah. Hal semacam itu bisa saja karenanya ada 43 alat penggerak di berwajah juga sebagai hasil dari penelitian yang dikerjakan Toshiba. 
Sang pencipta, Hitoshi Tokuda, menyampaikan bahwa robot humanoid itu cuma di buat kurun waktu satu 1/2 tahun. Chihira terwujud melalui penelitian Kampus Osaka digabungkan dengan tehnologi Toshiba. 
foto: copyright japantimes.co.jp
Seperti ditulis dari japantimes. co. jp, Chihira Aiko awalnya di ciptakan untuk melakukan gerakan bahasa isyarat yang menolong komunikasi beberapa tuna rungu. Tetapi, dalam perubahannya, Chihira juga diplot untuk lakukan banyak pekerjaan seperti penerima tamu, perawat orang jompo, sampai terapis bicara. 
Tokuda juga menyampaikan, di masa yang akan datang, Chihira bakal digunakan dalam industri pariwisata juga. Ilmuwan itu juga mengharapkan, th. depan Chihira telah mulai dapat bekerja, kemungkinan dengan seseorang operator manusia yang bakal memonitor komunikasinya. 
Wah mungkin saja di tahun-tahun yang akan datang akan semakin banyak Chihira lain yang menolong pekerjaan kita ya Sobat. Saksikan video berikut ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *