Wah, Planet Ini Banyak Mengandung Hidrogen Didalamnya

 
HOTMAGZ-Telah ditemukan olah para pakar antariksa, planet yang memiliki samudera di dalamnya. Seperti menemukan harta yang sangat berharga. Karena saat dalam masa pencarian dengan menggunakan tiga teleskop, para pakar antariksa melihat keadaan planet tersebut masih bersih dan terlihat tanpa awan di langitnya.
 
Tidak sampai disitu, para peneliti dari University of Maryland, Amerika Serikat juga terus melakukan penyelidikan pada planet yang disebut dengan kode HAT P-11b bahwa benar adanya jika tidak terdapat awan disana.
 
Setelah hasil keluar, dinyatakan atmosfer dari planet tersebut sebanyak 90 persen memang mengandung air. Hasil lainnya juga menyatakan bahwa kandungan uap air yang terdapat disana tidaklah sedikit, jadi dapat disimpulkan planet tersebut memiliki banyak kandungan hidrogen di dalamnya yang bisa berbentuk samudera.
 
Keberadaan planet tersebut tampak ada di sekeliling matahari di gugusan galaksi Cygnus. Berjarak sejauh 124 tahun cahaya dari bumi, sebagai rumah kita. Hasil lainnya juga menunjukkan bahwa besarnya planet ini adalah empat kali lebih besar daripada besar bumi.
 
Ahli astronomi dunia, Dr Eliza Kempton dari Grinnell College, Iowa, menyebutkan bahwa penelitian tersebut adalah sebuah langkah pertama yang baik dan sangat penting untuk ilmu perbintangan. Dan tidak menutup kemungkinan adanya makhluk hidup yang dapat hidup disana.
 
Kempton juga berharap dengan adanya hasil dari penyelidikan ini menjadi titik terang dari penemuan planet yang menyerupai bumi. Tapi karena ukurannya juga yang lebih besar, membuat gaya gravitasi yang ada di sana juga lebih besar dari yang ada di bumi. Dan hal ini diperkirakan akan sulit untuk diterima oleh tubuh manusia. Dan jarak planet ini dengan matahari lebih dekat dibandingkan dengan jarak bumi ke matahari. Jadi terbayang bukan bagaimana panasnya disana?
 
Hingga kini para peneliti masih terus meneliti planet berair yang ukurannya menyerupai bumi dan berjarak ‘cukup’ dengan bintang terdekat sebagai mataharinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *