Wow, Paus Ini Dapat Tidur Dengan Posisi Berdiri

HOTMAGZ-Apakah Anda tahu bahwa ada makhluk hidup yang dapat tidur dengan posisi berdiri? Mungkin Anda baru mengetahuinya, makhluk hidup ini adalah jenis paus sperma.

Gambar dan rekaman paus yang sedang tertidur ini diambil oleh seorang fotografer bernama Magnus Lundgren yang sedang menjalankan tugas kerjanya untuk Wild Wonders of Europe, seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com. Hingga beberapa tahun yang lalu, para ilmuwan hanya mengetahui jika ikan jenis paus sperma ini tidak mengistirahatkan kedua otaknya ketika sedang tidur, karena ketika mereka sedang tidur paus sperma tetap membuka matanya. Karena mereka membutuhkan aktivitas seperti pergi ke permukaan untuk mendapatkan oksigen dan terhindar dari serangan lawan. Jadi, mereka tidak benar-benar beristirahat sepenuhnya.

Namun saat tahun 2008, sekelompok peneliti melihat dan merekam sekelompok ikan paus sperma yang tidak mengetahui kehadiran mereka. Hal ini terjadi di pantai lepas Chile. Tidak ada satu paus pun dari mereka yang menyadari bahwa adanya manusia di dekat mereka. Mereka baru tersadar ketika ada salah satu dari banyak paus tersebut tubuhnya secara tidak sengaja bersentuhan dengan perahu peneliti. Ketika mereka melihat keberadaan tim peneliti, mereka secara bersamaan langsung pergi menghindar.

Hal ini dapat disimpulkan bahwa paus sperma ini tidak seperti cetacean yang lainnya. Sepertinya paus sperma dapat tidur sebentar namun periodik, sepanjang hari. Jika paus sperma hanya tidur dalam keadaan berdiri dan melayang seperti ini, maka paus sperma dapat mengalahkan rekor Jerapah yang dinobatkan sebagai “Mamalia yang dikenal dengan tidur dengan waktu tersingkat”. Tetapi juga mungkin bahwa paus sperma dapat tidur dengan dua keadaan, yaitu: tidur penuh saat melayang di permukaan, dan setengah tidur, yang belum dapat terekam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *