Yuk, Ketahui Gejala Kanker Sejak Dini

 
HOTMAGZ-Memang pada beberapa kasus kanker payudara disebabkan karena faktor keturunan dari keluarganya. Tapi gaya hidup kita sehari-hari juga dapat menjadi faktor adanya kanker payudara. Jadi Anda harus tetap berhati-hati dan memperhatikan gaya hidup yaa..
 
Bagaimana pengaruhnya gaya hidup dengan adanya kanker payudara?
 
Jika dalam sehari-hari Anda merokok, meminum minuman beralkohol, diet tinggi lemak, infeksi virus, dan menyapih menyusui yang terlalu dini, ini dapat memberikan peluang yang besar bagi sel kanker dapat bertumbuh di tubuh Anda. Hal ini akan lebih terdukung bila adanya faktor genetik, seperti yang diungkapkan dr. Tri Ari Wibowo dari MeetDoctor.com yang dilansir oleh Vemale.com.
 
Ada gejala umum yang dapat Anda ketahui lebih dini :
-Adanya sebuah benjolan yang rasanya tentu berbeda dari jaringan payudara yang ada di sekitarnya. Tidak menyebabkan rasa nyeri dan memiliki ujung yang tidak beraturan.
-Untuk yang baru memasuki stadium awal, ketika benjolan tersebut didorong menggunakan jari tangan, ia dapat bergerak di bawah kulit.
-Untuk yang sudah memasuki stadium lanjut, benjolan tersebut biasanya sudah menempel pada kulit dada di sekitarnya.
-Sudah memasuki kanker stadium lanjut, di kulit payudara terdapat benjolan yang sudah membesar/bengkak, atau terdapat borok. Kulit sekitar borok biasanya terlihat seperti kulit jeruk atau mengkerut.
 
Ada pula gejala lain yang perlu dicurigai, seperti :
-Terdapat benjolan pada ketiak
-Ukuran dan bentuk payudara yang berubah dari sebelumnya
-Dari puting susu keluar cairan yang tidak normal, biasanya berwujud darah atau cairan yang berwarna kuning hingga hijau, atau bahkan bernanah.
-Warna dan tekstur kulit pada payudara mengalami perubahan. Bisa juga daerah sekitar puting susu berubah warna menjadi coklat tua.
-Payudara terlihat kemerahan.
-Ada sisik di sekitar puting susu.
-Biasanya puting susu seperti masuk ke dalam atau terasa gatal.
-Terjadinya pembengkakan di salah satu payudara.
-Untuk yang sudah memasuki stadium lanjut, akan mengalami nyeri pada tulang, berat badan yang menurun, mengalami bengkak pada lengan.
 
Nah Sobat Hotmagz, itulah gejala-gejala yang dapat Anda ketahui dengan cepat. Jika Anda menemukan gejala-gejala seperti di atas, langsung periksakan diri ke dokter ya.. Semoga artikel ini dapat bermanfaat ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *