10 Ikan Prasejarah yang masih hidup hingga saat ini

Posted on

HOTMAGZ – Ketika kita bicara tentang hewan prasejarah pasti yang terpikirkan langsung dibenak kita adalah dinosaurus. Namun yang akan kita bahas bukanlah dinosaurus tapi adalah ikan. Hewan prasejaraj diketahui telah punah berjuta-juta tahun silam namun ada dari beberapa mereka berhasil hidup sampai hari ini.

1. Hagfish

Hagfish termasuk daftar dari hewan laut yang menjijikan. Namun Hagfish merupakan hewan prasejarah, hewan ini ada sekitar 500 juta tahun sebelum dinosaurus ada. Hagfish biasa disebut juga sebagai belut yang sangat berlendir. Lendir tersebut digunakan untuk mencari makanan dan pertahanan dari serangan predator. Pertama dia akan mengeluarkan banyak lendir yang akan digunakan untuk menyelimuti dan saat lendir tersebut menyatu dengan air akan membentuk semacam cairan yang lengket. Ketika Hagfish tertangkap oleh predator ia akan mengunakan lendirnya untuk melarikan diri. Namun yang lebih menjijikan adalah cara dia makan, Hagfish akan menempel pada mangsanya seperti lintah dan akan merobek dan memakan dagingnya dari dalam ke luar.

2. Lancetfish

Lancetfish NOAA

Hewan yang satu ini tidak memiliki sejarah yang panjang seperti Hagfish. Namun Lacetfish berasal dari era Mesozoic sekitar 250-65 juta tahun yang lalu. Panjang hewan ini sekitar enam setengah meter, memiliki karakteristik yang berbeda yaitu memiliki enam gigi taring yang terlihat seperti gigi biasa, tubuh yang panjang, serta sirip dibagian punggung yang besar. Terlihat hewan ini mirip dengan Baracudda dan Sailfish yang digabungkan dengan belut. Mereka dapat ditemukan disemua lautan kecuali dibagian kutub dan mereka pernah tertangkap tanpa sengaja oleh para pemancing tuna.

3. Frilled Shark

Frilled Shark diketahui hidup sejak jaman T-Rex dan Raptor pada masa Cretasius. Frilled Shark lebih terlihat seperti ular besar dengan sirip. Hewan ini juga sering disebut dengan Living Fossil karena penampilannya seperti sudah jutaan tahun yang lalu. Hewan ini dapat tubuh hingga 6 setengah meter dari panjangnya dan diketahui bahwa ikan ini berenang dalam kedalaman 5000 meter. Seperti Lancetfish Frilled Shark telah tertangkap secara tidak sengaja oleh para pemancing. Meskipun demikian ikan ini adalah termsuk hewan yang langka dan jarang ditemui. Namun beberapa Frilled Shark pernah terlihat hidup di kedalaman laut.

4. Sturgeon

Sturgeons Wikipedia

Para pemancing mungkin tidak akan merasa terkejut jika melihat ikan ini didalam list ini. Karena memeiliki wajah dan bentuk tubuh prasejarah dan dengan ukuran tubuh yang bisa sangat besar dari beberapa spesies. Sturgeons adalah salah satu dari keluarga bonefish yang paling tua. Diketahui ikan ini telah ada sekita 200 juta tahun yang lalu. Karena banyak faktor yang berubah dari mulai makanan, pemangsa dan temperatur membuat ikan ini sedikit berubah. ingin mencoba menangkap Sturgeon yang terbesar? Diketahui di sungai Fraser di British Columbia terdapat spesies yang bisa tumbuh lebih dari 12 meter.

5. Aligator Gar

Oklahoma state record catch of alligator gar – 192 pounds, 1 ounce

Aligator Gar adalah ikan terbesar di Amerika Utara yang berhasil ditemukan di air tawar. Ikan ini dapat tumbuh mencapai 10 meter. Dengan moncong yang panjang dan gigi yang tanjam membuat ikan ini diberi nama Gar.Dengan melihat sisiknya yang tebal dan ukurannya yang besar sudah terlihat kalau ikan ini telah ada jutaan tahun silam. Diketahui ikan ini dapat bertahan hidup diluar air selama 2 jam walaupun demikian ikan ini tidak dapat berjalan di tanah, dan ikan ini diketahui dapat mengigit manusia yang sedang berenang.

6. The Saw Fish

Sawfish Wikipedia

Sawfish Wikipedia

The Saw Fish adalah ikan yang memiliki mocong yang seperti gergaji yang fungsinya dalah untuk mengambil sejenis hewan bertubuh keras dari dasar laut, untuk pertahanan dari para predator dan alat bertarung. Dan moncongnya tersebut dapat mendeteksi gerakan bahkan detak jantung sekalipun. Ikan ini telah ada dari jaman Cretasius namun sayangnya ikan ini terancam punah karena gangguan dari manusia. Mocongnya dijadikan hadiah oleh para pemburu trophy dan siripnya yang lezat dijadikan soup oleh sebagian restoran illegal yang membuat ikan ini terancam punah.

7. Coelancanth

 Ikan ini seperti prototype fosil hidup, diketahui nenerapa species ini telah ada sekita 350 juta tahun yang lalu. Ikan ini pertama kali ditemukan dalam keadaan hidup pada tahun 1938. Sejak saat itu beberapa species berhasil ditemukan terutama ditimur afrika dan juga laut daerah india. Ikan misterius ini sangat langka dan tidak ada data total populasi dari ikan ini, Meskipun demikian ikan ini termasuk dalam ikan yang terancam punah.

8. Arapaima

Arapaima merupakan ikan air tawar terbesar di dunia. Yang beratnya bisa mencapai 400 kilogram, meskipun demikian ikan ini sulit dicari alam liar. Ikan ini berhabitat di air tropis selatan Amerika, terutama di sungai Amazon. Arapaima adalah ikan eksotis dan sangat bernilai dan ikan ini termasuk ikan yang harus dilepas ketika terpancing. Di Brasil mengambil ikan ini termasuk illegal karena populasinya yang sedikit. Ikan ini dapat menyerap oksigen dari air yang dapat membantunya bertahan hidup diair keruh sungai Amazon.

9. Bowfin

Bowfin NOAA
Bowfin NOAA

Selain Sturgeons dan Gar ikan ini adalah ikan ketiga air tawar yang masih hidup sampai sekarang. Ikan ini hidup sejak jaman dinosaurus dan ikan ini masih jauh jika ingin menjadi ikan yang sering dijadikan target oleh pemancing. Faktanya ikan ini dalam sejarahnya sebagai ikan yang sering diejek oleh para pemancing dan termasuk dalam kategori ikan sampah karena rasanya yang tidak enak dan termasuk hewan yang rakus karena bisa mencuri persediaan makanan spesies lain. Ikan ini diberi nama Bowfin karena sirip punggung yang panjang.

10. Goblin Shark

Goblin Shark terlihat seperti sebuah hewan yang menjadi mimpi buruk dengan sebuah karakter memiliki moncong yang panjang dan organ yang sesitive digunakan sebagai penggati penglihatan saat ikan ini berenang di kedalaman beribu-ribu meter yang gelap. Dengan panjang yang bisa mencapai 14 meter. Dan ditambah lagi ikan ini tidak memiliki warna dari hiu kebanyakan tetapi memiliki warna pink yang membuat hiu ini lebih terlihat aneh. Yang lebih mengerikan lagi ikan ini memiliki gigi yang tajam yang agak lebih maju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.