Hindari 8 Jenis Makanan Ini Agar Kulit Tetap Cantik & Sehat


HOTMAGZ- Banyak orang mengatakan “Anda adalah apa yang Anda makan", ya pernyataan ini sepertinya sebuah kebenaran. Karena kesehatan pada tubuh Anda sangat dipengaruhi oleh asupan makanan. Pola makan yang tidak beraturan akan dapat mengganggu organ tubuh bagian dalam dan juga organ luar, seperti kulit.

"Gizi yang buruk berpengaruh buruk pula pada kulit seperti halnya merokok", tutut Dr Patricia Farris, ahli dermatologi dan penulis “The Sugar Detox”. 

Dibawah ini adalah beberapa jenis makanan yang mungkin dapat Anda kurangi asupannya, karena dapat berefek buruk bagi kesehatan kulit:

1. Kue Beras
Kue yang berbahan dasar beras ini dapat menyebabkan gula darah meningkat dan membuat kulit akan menjadi cepat keriput. Ini dapat terjadi karena tubuh mencerna karbohidrat sederhana yang ada di dalam kue sama saja dengan gula. Karbohidrat tersebut akan diubahkan menjadi glukosa yang dapat berpotensi merusak protein seperti kolagen.

2. Permen
Rasa permen yang manis tentu saja dipengaruhi oleh gula yang terkandung didalamnya. Dan keberadaan gula tersebut dapat menurunkan jumlah kolagen dan elastin, protein yang berfungsi menjaga kulit tetap lembut, kenyal, dan kencang. 

3. Sereal “sehat” 
Walaupun pada umumnya sereal banyak mengandung biji-bijian yang memiliki indeks glikemik rendah (tidak cepat menaikkan kadar gula darah), tapi sereal juga terkandung gula didalamnya sehingga berpengaruh terhadap kerutan di kulit akan terlihat.

4. Susu
Minuman ini memang dikenal dapat membuat tubuh menjadi seyhat, tapi jika tidak dibatasi maka akan berpengaruh terhadap insulin yang akan menimbulkan peradangan, dan produksi minyak kulit meningkat. Akibatnya, pori-pori akan tersumbat dan wajah akan mudah 'dihinggapi' jerawat ataupun komedo.

5. Keripik
Keripik memang cemilan yang sangat enak untuk disantap ketika bersantai, tapi ini dapat meningkatkan peradangan yang dapat merusak kolagen. Karbohidrat yang diolah seperti dalam roti putih atau keripik diketahui sebagai salah satu penyebab timbulnya jerawat.

6. Minuman berkadar gula
Mengonsumsi minuman yang banyak mengandung gula memanglah sangat tidak sehat. Karena hal ini akan mengakibatkan gula darah berfluktuasi sehingga memicu penuaan dini pada kulit. 

7. Makanan instan
Seperti yang sudah diketahui banyak orang, makanan instan memang sangat tidak sehat karena mengandung lemak jenuh. Selain dapat menyebabkan obesitas, makanan ini juga dapat membuat kulit menjadi terlihat kusam dan berjerawat.

8. Margarin
Lemak memang dibutuhkan untuk menjaga kelenturan kulit, tapi tidak semua jenis lemak berarti berguna untuk ini. Lemak trans yang seringkali terdapat pada margarin, justru akan menyebabkan dehidrasi yang dapat mempercepat kerutan pada wajah.

Menu-menu makanan diatas memanglah enak, tapi sebaiknya ada batasan untuk Anda mengonsumsinya agar kulit tetap sehat ya Sobat Hotmagz...
(Kompas)
Advertisement