Kebutaan Bisa Terhindar Jika Lensa Kontak Dirawat Dengan Benar




HOTMAGZ- Menggunakan kacamata memang terkadang membuat risih, dan terkadang bisa mengganggu penampilan juga. Kacamata juga sepertinya sulit digunakan untuk Anda yang memiliki kegiatan yang sangat aktiv, karena bisa saja ini terjatuh, dsb. Dan alternatif lainnya, biasanya orang memilih untuk menggunakan lensa kontak. Hanya dengan menempelkannya pada bola mata, tanpa repot Anda bisa langsung melihat dengan jelas.

Memang simpel, namun tidak ada salahnya Anda berhati-hati dengan penggunaan lensa kontak ini. Perhatikan kebersihannya, rawatlah dengan baik dan benar. Sebab ketika Anda asal menggunakan lensa kontak, dapat membuat mata Anda mengalami kebutaan.

Dalam hasil sebuah penelitian yang dilansir oleh Hotmagz.com dari healthmeup.co, dikatakan bahwa para pengguna lensa kontak sering mengalami keratisis. Dimana kornea mata mengalami infeksi yang disebabkan oleh mikroba, jamur, dan bakteri lainnya.

Terlihat bersih belum tentu didalamnya tidak ada kuman. Karena itulah sering-sering membersihkan lensa kontak dan melepasnya setelah pemakaian selama 8 jam sekali. Ini akan mengurangi adanya resiko bakteri yang berkembang di bola mata.

"Keratisis bisa diobati jika telah dideteksi secara dini. Jika tidak diobati, maka keratisis dapat menyebabkan peradangan dan bahkan kebutaan," ujar Dr Jennifer R. Cope, seorang ahli epidemiologi di National Center for Emerging, Zoonotic and Infectious Diseases. "Tingkat kebersihan yang buruk menjadi salah satu penyebab utamanya."
(merdeka)
Advertisement