Fenomena Awan Lenticular Kejutkan Dunia

Posted on
Copyright Reddit

Lagi-lagi sebuah fenomena alam menarik dan misterius muncul di langit wilayah Colorado, Amerika. Karena bentuknya yang tidak biasa maka mengundang warga untuk mengabadikan momen unik tersebut. Netizen pun dibuat heboh Ketika foto awan tersebut diupload ke internet  karena penasaran.

Seorang pengguna internet dengan akun kechuppacket adalah orang yang pertama kali mengunggah foto awan aneh itu. Dia menulis di akun Reddit, “Dear Reddit, terima kasih untuk semua kenangan, aku mungkin akan diambil oleh alien atau disedot oleh tornado. Wish me luck,” katanya seperti dikutip dari reddit, Rabu (27/5).

Kata-kata kechuppacket tersebut tentu saja menimbulkan komentar yang beragam dari netizen. MarkBC yang merupakan salah satu pengguna akun menjelaskan fenomena penampakan awan tersebut. Menurut analisanya awan tersebut adalah jenis awan Lenticular yaitu jenis awan yang memiliki nama lain Altocumulus lenticularis ini adalah awan yang berbentuk lensa yang berada di lapisan troposfer, biasanya memiliki posisi tegak lurus dengan arah angin. 

Copyright Reddit

Awan Lenticular ini bisa dibagi beberapa jenis, yaitu Altocumulus Standing Lenticularis (ACSL), lalu Stratocumulus Standing Lenticular (SCSL), dan Cirrocumulus Standing Lenticular (CCSL). Lantaran bentuknya yang unik kemunculan awan ini seringkali dihubungkan dengan penampakan Unidentified Flying Object  atau UFO.


Beberapa Foto lainnya :

Meskipun demikian, kemunculan awan indah ini adalah fenomena alam yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Hanya saja jenis awan Lenticular ini bisa sangat berbahaya untuk penerbangan lantaran mampu menyebabkan goncangan turbulensi hebat pada pesawat saat di udara.

sumber : http://www.brilio.net/news/setelah-terompet-mirip-sangkakala-awan-misterius-ini-kejutkan-dunia-1505271.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.