Punya Benjolan di daerah Payudαrα? Hati-Hati Kanker

Posted on

Wanita memiliki resiko besar untuk terkena tumor atau kanker di Pαyudαrα. Oleh karenanya para wanita disarankan agar bisa melakukan pemeriksaan Pαyudαrα sendiri agar dapat deteksi dini. Pemeriksaan Pαyudαrα sendiri (SADARI) dapat dilakukan oleh wanita siapa pun setelah berusia 20 tahun. Para wanita disarankan untuk melakukannya sendiri, karena merekalah yang sudah familiar dengan struktur Pαyudαrα normalnya.

Saat yang paling tepat untuk melakukan pemeriksaan ini adalah pada hari ke 5-7 setelah menstruasi, dimana Pαyudαrα tidak mengeras, membesar, atau nyeri lagi. Untuk wanita yang telah menopause, atau tidak menstruasi lagi, mereka dapat melakukannya kapan saja, dan disarankan untuk memeriksanya sendiri setiap awal atau akhir bulan.

Langkah-langkah melakukan sadari:

  • Tubuh menghadap cermin dan kedua tangan di pinggul. Sambil berkaca perhatikan bentuk dan ukuran Pαyudαrα. Perhatikan juga warna putingnya. Ukuran dan bentuk Pαyudαrα idealnya tidak sama antara kanan dan kiri. Apabila salah satu Pαyudαrα bertambah besar, atau berubah bentuk harus mulai waspada.
  • Angkat tangan ke atas dan perhatikan kembali penampakan Pαyudαrα. Pada posisi ini perhatikan apakah ada lesung, luka, atau keriput pada kulit Pαyudαrα. Posisi ini juga memungkinkan untuk kembali melihat apakah puting berubah posisi.
  • Pencet puting Pαyudαrα. Dalam posisi ini perhatikan apakah puting mengeluarkan cairan kekuningan, kemerahan, atau darah. Cairan yang keluar menandakan adanya perubahan dalam sel Pαyudαrα.
  • Periksa Pαyudαrα dengan gerak memutar. Tahap ini sebaiknya dilakukan dengan posisi tidur. Tangan diangkat bersamaan dengan Pαyudαrα yang akan diperiksa. Gerakan memutar dimulai dari puting, hingga batasan Pαyudαrα kanan dan kiri.
  • Semua gerakan sebaiknya dilakukan dalam posisi berdiri, duduk, dan tidur. Karena pemeriksaan dalam posisi berbeda baru diketahui bila ada benjolan atau adanya luka. Dan sebaiknya Pαyudαrα dalam keadaan licin saat diperiksa. Kondisi ini akan memudahkan pemeriksaan. Area pemeriksaan juga sebaiknya meluas sampai ketiak.

Jika teraba ada benjolan di Pαyudαrα anda, segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.