Hanya Butuh Waktu 100 Hari Untuk Membangun Jalan Ini

 
 
HOTMAGZ-San Boldo Pass adalah jalan yang melewati gunung kecil di Veneto antara kota Trichiana (329 m) dan Tovena di wilayah Cison di Valmarino (272 m) yang berjarak sekitar 17 km.
 
Jalan ini berada pada tepi selatan pegunungan Alpen dan juga menghubungkan Val Belluna dengan Val Mareno dengan ketinggian mencapai 706 m, pernyataan ini dikutip dari Alam Mengembang Jadi Guru. SP 635 adalah nama dari jalan yang melewati gunung ini dan hanya untuk satu arah dalam satu waktu, adanya set lampu disana guna untuk mengatur pergantian arah lalu lintas. Kendaraan yang melintas dijalan ini batas kecepatannya hanya 30 km/jam dan tinggi kendaraan setinggi 3,2 m karena sebelumnya seringkali bus yang melintas terjebak di dalam terowongan. Ada lima terowongan yang digali ke tebing batu dengan 5 kelokan yang dihubungkan dengan enam jembatan.
 
 
Sebelumnya jalan ini hanyalah jalan setapak yang curam menuju puncak, namun ketika terjadi Perang Dunia Pertama tahun 1918 barulah jalan ini dibangun, oleh tentara Austro-Hungaria. Proyek pembangunan jalan ini selesai dengan waktu kurang dari 3 bulan. Karena itu jalan ini dikenal dengan sebutan “Road of 100 Days”, seperti yang dilansir dari terselubung.in
 
Pembangunan jalan ini ditujukan untuk memasok garis depan Piave. Penduduk dengan segala usia bekerja siang dan malam dalam pembangunan jalan ini. Pada tahap akhir, 1400 pekerja bekerja dibagi menjadi tiga shift untuk membangun penghubung yang penting dan strategis ini. Meskipun topografinya ekstrim, persyaratan bahwa jalan digunakan untuk mengangkut artileri berat dan logistik, berarti bahwa kemiringan jalan tidak bisa melebihi 12 %.
 
 
 
 
 
Jalan ini juga dimanfaatkan penggembala untuk menggiring dombanya
 
 

 
Advertisement