Nutrisi Ini Cocok Untuk Anda Yang Punya Masalah Pendengaran


HOTMAGZ- Sobat Hotmagz, sepertinya artikel yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang mengalami gangguan pada pendengaran. Asing sepertinya, tapi ini benar-benar ada. Berikut adalah daftar nutrisi beserta makanannya dan penjelasannya, seperti yang dilansir dari liputan6.com:

1. Kalium
Kalium adalah mineral yang membantu kadar cairan dalam darah dapat terjaga sehingga kemampuan pendengaran dapat meningkat, mengingat cairan yang ada didalam telinga bagian dalam juga banyak mengandung kalium.

Makanan yang baik untuk kalium seperti tomat, kismis, kentang, pisang, bayam, yogurt,jeruk, melon, dan susu rendah lemak.

2. Folat

Asam folat sangat berguna bagi tubuh dalam memproduksi sel-sel baru dan dapat membuat sirkulasi darah meningkat. Sirkulasi darah yang baik, akan membuat bagian dalam telinga juga sehat.

Makanan yang mengandung asam folat, antara lain : hati, bayam, asparagus, brololi, alpukat, kacang, telur, jus tomat, perpaya, pisang, stoberi, melon, sereal dan juga kacang hijau.

3. Magnesium
Magnesium sangat berguna menjadi benteng bagi telinga dari serangan radikal bebas yang ditimbulkan dari adanya suara yang terlampau keras. Dan ini sangat berguna agar bagian dalam telinga tidak rusak. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa jika tingkat magnesium yang terkandung sangat rendah, ini akan mengakibatkan menyebabkan pembuluh darah di telinga menyusut, merampas oksigen dan membuat telinga mudah tuli.

Magnesium dapat diperoleh dari : kentang, bayam, pisang, dan brokoli.

4. Mineral makro (mangan)
Mineral dalam tubuh dapat berguna untuk membuat pendengaran Anda semakin tajam dengan memastikan bahwa saraf dan otak dapat berfungsi dengan sebenarnya.

Mangan dapat diperoleh dari : aprikot, kacang-kacangan, kismis, nanas, seldri, apel, dan kuning telur.

5. Seng
Seng atau Zinc berguna untuk membuat sistem kekebalan tubuh Anda semakin kuat, sehingga terjadinya infeksi telinga dapat terhindar.

Zinc dapat diperoleh dari : kacang polong, kacang almond, kacang tanah, cokelat hitam, daging sapi dan ayam, tiram, dan kacang mete.

6. Vitamin D
Seperti yang sudah diketahui, vitamin D bermanfaat untuk pertumbuhan tulang. Tapi ini juga berpengaruh pada telinga. Jika seseorang kekurangan vitamin D dalam tubuhnya, ini akan mengakibatkan osteopenia, suatu kondisi dimana tulang-tulang di dalam telinga menjadi keras dan menjadi berpori, yang akan menyebabkan hilangnya pendengaran.

Vitamin D diperoleh dari : minyak ikan cod, salmon, makarel, ikan tuna, hati, kuning telur, sinar matahari, dan minyak ikan.

7. Vitamin B12
Ini sangat berguna untuk pendengaran dan dapat mengontrol kegiatan produksi sel darah merah, mengurangi produksi homosistein, yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran, dan mencegah timbulnya tinnitus.

Vitamin B12 diperoleh dari : daging sapi tanpa lemak, terang, telur, dan susu.

8. Omega-3
Asam lemak ini dapat mengurangi resiko terkenanya gangguan pendengaran yang dapat berpengaruh pada otak berkomunikasi dengan telinga. kandungan omega 3 ini juga dapat mencegah seseorang mengalami peradangan dan memastikan bahwa pesan-pesan antara otak dan telinga dikirim secara efektif.

Omega 3 diperoleh dari : ikan, udang, kenari, biji rami, daging sapi, kedelai, tahu dan kembang kol.

Bagaimana Sobat Hotmagz? Kiranya artikel ini dapat sangat bermanfaat untuk Anda yang mengalami masalah pendengaran.
Advertisement