Anda Tidak Bisa Berdiri Dengan Satu Kaki, Itu Adalah Tanda Stroke

Ilustrasi berdiri. Shutterstock/djgis
HOTMAGZ - Stroke adalah penyakit yang ditakuti pada masa tua. Stroke disebabkan oleh naiknya tekana darah yang memecahkan pembulu darah di otak. Dan penyakit ini adalah penyakit silent killer yang menyebabkan orang tidak menggira mengidap penyakit ini sampai keadaanya semakin parah.

Dailymail.co.uk melansirkan bahwa bcara yang paling mudah untuk medeteksi penyakit ini secara dini adalah dengan berdiri menggunakan satu kaki selama sekitar 20 detik. Sebab test ini membutuhkan kesehatan otak yang prima untuk bisa menjaga keseimbangan tubuh. Jika ada masalah di otak terutama pendarah pembuluh darah di otak akan membuat anda sulit untuk melakukannya.

Penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan untuk menjaga keseimbangan dibutuh kesehatan otak yang baik. Jika anda tidak bisa melakukannya ini adalah tanda dari peningkatan resiko penyakit otak atau penurunan yang kognitif, jelas profesor Yasuharu Tabara, peneliti dari Center for Genomic Medicine di Kyoto University Graduate School of Medicine, Jepang.

Penelitian yang di kemukakan oleh American Heart Association's journal Stroke ini melibatkan 841 wanita dan 546 pria dengan usia rata-rata 67 tahun. Setelah test itu dilakukan lalu otak mereka dipindai. Para peneliti kemudian menemukan bahwa mereka yang memiliki kesulitan untuk berdiri dengan 1 kaki, memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena penyakit stroke. (Merdeka)
Advertisement