Foto Ini Terjual Dengan Harga Rp 78 Miliar


Phantom. ©Independent

HOTMAGZ - Foto memang bisa menjadi sebuah karya yang sangat luar biasa. Seperti contoh di Kota Las Vegas Minggu ini telah terjual sebuah foto seharga Rp 78 miliar yang diberi judul Phantom (Hantu) kepada orang yang tidak diketahui namanya. Foto monokromatik itu adalah karya dari Peter Lik yang sedang memperlihatkan cahay yang sendah jatuh di ngarai Arizona.

Karya dari Peter Lik seorang juru foto asal Australia ini dinobatkan sebagai foto termahal dalam sejarah. Peter juga memiliki foto lainya yang berjudul Illusion dan Eternal Moods yang juga terjual dengan harga yang tinggi yaitu Rp 30 miliar dan Rp 13,8 miliar, seperti yang dilansir oleh surat kabar The Independent pada Jumat (12/12).

Sekarang Peter sudah mempunyai empat karya foto dengan harga selangit setelah karya sebelumnya yang berjudul One telah terjual dengan harga Rp 12,5 miliar pada tahun 2011.

"Ini sungguh keji. Saya mengingat betul ketika dia menjual fotonya pada 2011, saya begitu terkejut. Saya berpikir, 'siapa orang yang mau membayar sebuah foto denga harga Rp 12,5 miliar?' Padahal foto tersebut bisa dibuat dengan sebuah iPhone." Kata seorang fotografer asal Inggris Michael Hoppen.

Menurut Clare Grafik, ketua pameran foto di Galeri Fotografer London, Harga dari sebuah karya seni adalah berapapun orang mau membayarnya. (Merdeka)
Advertisement