Uitemate Teknik Mengapung Untuk Selamatkan Diri Dari Bencana


Sumber : japanesia.co.id

Siapa yang tidak ingat dengan bencana Tsunami di Jepang pada Maret 2011 yang lalu? Ternyata tehnik mengapung simpel untuk bertahan sembari menanti bala pertolongan sudah menyelamatkan banyak nyawa pada bencana itu.

Tehnik ini dinamakan dengan uitemate yang bermakna “mengambang serta menunggu” yang dicetuskan oleh Profesor Hidetoshi Saito dari Kampus Tehnologi Nagaoka, Jepang. 

Pada 11 Maret 2011 yang lalu, murid-murid sekolah basic di Higashi-Matsushima, Perfektur Miyagi mesti dievakuasi kedalam gymnasium beberapa waktu sesudah gempa berlansung. 

Sebagian guru serta murid terjebak didalam gymnasium dengan air yang mulai meninggi lantaran tsunami, tetapi mereka selamat lantaran pernah mempelajari tehnik uitemate. 

Tehnik ini memanglah telah di promosikan Professor Saito sejak th. 2000 serta sudah di ajarkan di sekolah dasar seluruh Jepang. Terakhir tehnik ini dapat dipopulerkan di lokasi Asia Tenggara termasuk juga Indonesia. 

Dalam banyak kasus, seorang yang terjerat di air bakal mencoba dirinya untuk terus berdiri tegak dengan cuma kepala yang ada diatas permukaan air, semua badan bakal terbenam bila orang itu coba menarik perhatian penyelamat dengan melambaikan tangan. Skenario terburuknya, orang itu bakal terbenam dalam hitungan menit. 

Uitemate sangat mungkin kita untuk terus bernafas serta sangatlah menghemat daya kita. 

“Jangan paksa dirimu untuk berenang, cukup mengambang seperti daun di air” ungkap Yuji Tamura, associate professor di Tokyo University. “Ini cara yang sangatlah sederhana” imbuhnya. 



Langkah Lakukan Uitemate 

1. Apungkan badan seperti tidur terlentang 

2. Biarlah muka memandang keatas untuk meyakinkan kita terus dapat bernafas. 

3. Rentangkan tangan serta kaki 

4. Bila anda memakai sepatu, biarlah sepatu itu terus terpasang lantaran dapat membantumu terus mengapung. 

5. Bila anda temukan botol kosong, pakai botol itu untuk didekapkan diatas dadamu. 

6. Tunggulah bala bantuan 


Untuk lebih detilnya, anda dapat lihat video tutorialnya berikut ini, awas janganlah salah konsentrasi :)

Advertisement