Negara Jepang Akan Pasang Toilet di Lift

Posted on
Sumber : Tribunnews

Hotmagz – Apa yang ada di pikiran anda ketika anda melihat ada toilet di lift yang anda naiki? kebanyakan dari kita pasti akan bingung, namun berbeda dengan pemikiran orang-orang jepang dengan rencana mereka untuk memasang toilet di banyak lift yang tersebar di beberapa bangunan negara tersebut.

Tujuan dari pemasangan toilet di lift ini dilakukan supaya orang-orang yang terjebak di lift ketika terjadi gempa juga tetap bisa buang air.

Sebelumnya langkah ini memang telah dipertimbangkan oleh para pejabat dan asosiasi produsen lift, alasannya karena peristiwa dimana puluhan orang terperangkap di dalam 14 elevator, insiden ini terjadi lantaran gempa berkekuatan 7,8 skala Richter di selatan Tokyo pada hari Sabtu (31/5). beberapa orang di antaranya terjebak sampai lebih dari satu jam.

Kebanyakan lift di Jepang memang diset secara otomatis akan berhenti di lantai terdekat apabila terjadi gempa. Tetapi, tetap masih ada beberapa lift yang macet di antara lantai-lantai gedung, hal ini membuat orang-orang yang berada di dalamnya tidak bisa keluar.

Rancangan desain toilet tersebut terbuat dari kertas kardus yang bisa dilipat, bukan hanya itu toilet ini juga dilengkapi kantung kedap air atau zat peresap.

Saat ini beberapa lift di Jepang sebenarnya telah dilengkapi toilet. Tetapi, fasilitas baru ini biasanya diperuntukkan bagi para manula saja.

Kebijakan ini menjadi penting karena di negara Jepang memiliki kurang lebih 620.000 lift di berbagai gedung, hampir 20 persen di antaranya berada di ibu kota Tokyo. (MW – Hotmagz)

Sumber : http://www.tribunnews.com/internasional/2015/06/04/pasang-toilet-di-lift-apa-bisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.