Madhu Kinnar, Walikota Transgender Pertama di Dunia

Hotmagz - Pada awal tahun ini, dunia dihebohkan dengan keberhasilan terpilihnya seorang Walikota transgender pertama di dunia. Sejak Januari 2015, nama Madhu Kinnar sudah menjadi figur yang menonjol karena menjadi salah satu kandidat dari rakyat biasa, akan tetapi akhirnya ia berhasil memenangkan pemilihan Wali Kota di Raigarh, India.

Transgender bernama Madhu Kinnar ini lahir sebagai Naresh Chauhan. Dulu ia pernah dikeluarkan dari sekolah sewaktu remaja serta meninggalkan keluarganya untuk berkumpul dengan komunitas transgender setempat. Mungkin saja orang bakal menganggap sepele statusnya karena ia seseorang transgender, atau dipanggil hijraa di India. Tetapi saat ini mulai sejak Madhu Kinnar (nama yang ia pakai mulai sejak jadi transgender) memenangkan penentuan wali kota, hijraa tidak lagi dipandang sebelah mata, terlebih untuk mereka yang bergabung dengan komunitas. 

Madhu Kinnar via The Guardian 

Beberapa tahun silam, Madhu Kinnar hanya orang yang mencari duit dengan menari serta menyanyi di jalanan juga gerbong kereta. Tetapi dari situlah, ia tahu permasalah besar yang dihadapi orang-orang moderen, yaitu sanitasi. Terlebih untuk orang-orang kecil yang tinggal di pemukiman sempit. Berbekal misi simpel itu, Madhu Kinnar mengusung diri jadi salah satu kandidat wali kota serta sukses menaklukkan sebagian kandidat yang lain. 

Lama tinggal di kelompok orang-orang menengah ke bawah serta terlahir di Kasta Dalit (kasta paling rendah di India), bikin Madhu Kinnar tak susah menyentuh warganya lewat cara yang simpel. Ada saatnya Madhu lakukan blusukan, memakai skuter sewaan, naik becak, atau bahkan juga menumpang orang lain yang suka-rela memberi tumpangan untuk dia. 

Wali Kota pilihan rakyat lewat The Guardian

Tiap-tiap jam 7 pagi, Madhu beserta beberapa stafnya telah mulai lakukan sidak untuk pengawasan serta penertiban sanitasi lingkungan. Terlebih beberapa orang yang sering meremehkan hal semacam ini bila tak ditekan oleh atasan. Belajar dari pengalaman pemerintahan pada awal mulanya, beberapa tim kerja Madhu pilih untuk meninjau segera ke tempat. 

Wali Kota pilihan rakyat lewat The Guardian

Transgender umur 35 th. ini sukses jadi salah satu politisi yang down to earth. Sikap inilah yang membuatnya dengan gampang memenangkan penentuan wali kota, lantaran ia sudah lebih dahulu memenangkan hati warganya dengan tahu keperluan mereka. “Masyarakat tunjukkan dukungannya pada saya. Saya berasumsi kemenangan ini juga sebagai cinta serta doa dari mereka buat saya. Bakal saya kerjakan usaha yang terbaik untuk mereka, ” kata Madhu. 

Bila melihat figur Madhu, kita jadi disadarkan terkadang ini bukan soal siapa anda dan apa status sosial anda, namun apa yang telah anda kerjakan dan berikan bagi orang lain?
Advertisement