Rumah Berbentuk Telur - Desain Rumah Masa Depan Yang Ramah Lingkungan

Ecocapsule

Hotmagz - Pemukiman penduduk semakin padat, di masa depan mungkin kita akan membutuhkan desain rumah yang lebih fleksibel untuk menjawab kebutuhan. Sekelompok arsitek dari Slowakia mempesentasikan rumah dengan desain kreatif yang bisa dipindahkan kemana saja dengan mudah. Nama rumah ini adalah ‘The Ecocapsule’ konsepnya sebagai sebuah apartemen mini yang menawarkan semua kemewahan konvensional yang diharapkan banyak orang.

Bentuk dari rumah ini menyerupai telur atau kapsul pesawat ruang angkasa. Bentuknya ramping dan efisien, disertai juga dengan antena dan lapisan sel futuristik. Rumah ini dilengkapi oleh sinar matahari dan angin, sehingga dijamin sangat ramah lingkungan lantaran menghasilkan energi yang bersih.

Desain rumah ini adalah perpaduan antara bentuk dan fungsi dengan estetika gaya. Bagian atapnya ditutupi panel surya sekaligus turbin angin yang bisa menghasilkan energi listrik sampai 750 watt. Tujuan dari desain melengkung berfungsi untuk memaksimalkan energi dan memungkinkan untuk menampung air hujan. Penampungan air juga dlengkapi dengan filter sehingga air aman untuk dikonsumsi manusia.

Dikutip dari CNN, 13 Juli 2015, semua fasilitas rumah ini membuatnya menjadi sangat praktis, sehingga rumah ini bisa ditempatkan bahkan dalam lokasi yang terpencil sekalipun. Begitu juga untuk transportasinya sudah dipikirkan karena bentuk rumah telah didesain untuk cocok dengan truk angkut barang.



Pada bagian dalam rumah terdapat ruangan dengan luas delapan meter persegi yang dilengkapi dengan tempat tidur lipat, ruang kerja sekaligus berfungsi sebagai ruang makan, kamar mandi, dapur juga tempat penyimpanan barang.



Sesudah enam tahun tahap pengerjaan pembuatan bangunan unik ini, The Ecocapsule telah diresmikan pada sebuah festival desain. Hasilnya dalam waku singkat, para arsitek sudah menerima pre-order untuk penjualan The Ecocapsule.

Para arsitek desainer The Ecocapsule percaya rumah buatan mereka bisa menjadi solusi perumahan bagi planet ini, apalagi buat penduduk di kota yang sudah penuh sesak dengan harga sewa selangit. Para arsitek ini juga berjanji akan terus membuat desain yang lebih efektif bagi lingkungan perkotaan dan meningkatkan efisiensi energi. 
Advertisement