Pria Yang Wajahnya Terbakar ini Dapatkan Wajah Baru, Lihat Perubahannya Disini




Hotmagz - Pria bernama Patrick Hardison yang berprofesi sebagai seorang pemadam kebakaran ketika itu berusaha menyelamatkan seorang wanita yang sedang terjebak di dalam sebuah rumah yang sedang terbakar. Karena kejadian ini Patrick pun wajah dan kulit kepalanya terbakar, bahkan ia mengalami luka bakar tingkat 3, seperti dikutip dari Bbc.com.

Patrick Hardison sebelum wajahnya terbakar | copyright Bbc.com/AP

Demi mengembalikan wajahnya ke bentuk semula, Patrick harus masuk daftar antrian untuk menunggu donatur yang bisa menyelamatkan penampilannya. Tahukah anda bahwa mendapat donatur yang tepat juga bukan perkara mudah. Karena donatur dan penerima donor harus memiliki golongan darah yang sama, warna kulit sama juga rambut yang sama.

Namun akhirnya penantian itu berakhir juga pada saat maut merenggut nyawa David Rodebaugh, yang meninggal dengan luka parah akibat kecelakaan saat bersepeda.

David Rodebaugh, pria baik hati yang mendonorkan organ tubuhnya untuk orang-orang yang membutuhkan | copyright copyright Bbc.com/AP

Bulan Agustus kemarin operasi pemulihan wajah Patrick pun akhirnya dilakukan oleh tim bedah plastik NYU Langone Medical Center. Prosedur ini sangat beresiko dan dinilai hanya akan memiliki kemungkinan keberhasilan sebesar 50%. Dokter membagi dua tim, 1 tim menangani pendonor, dan 1 lagi menangani penerima donor. Operasi pun akhirnya berjalan lancar, hingga kini 3 bulan telah berlalu.

Setelah 3 bulan pasca operasi bernilai jutaan dollar tersebut akhirnya Patrick bisa sedikit bernafas lega. Hal ini dikarenakan bukan hanya selama sisa hidupnya ia harus menerima suntikan anti-rejection untuk mencegah sistem kekebalan tubuhnya dari menolak transplantasi, namun juga lantaran ada bahaya lain yang mengancam. Diketahui bahwa 5 orang yang sudah menjalani operasi serupa meninggal dunia, karena jaringan baru itu ditolak oleh tubuhnya.



Dokter yang mengoperasinya, Eduardo Rodriguez, menyampaikan saat ini Patrick dalam kondisi baik saat memasuki hari ke 93 pasca operasi. Prosedur operasi itu sudah berhasil mengembalikan kelopak matanya, kemampuannya untuk berkedip, bahkan Patrick juga sudah memiliki rambut, alis, dan daun telinga.

Patrick masih harus menjalani beberapa operasi lagi demi bisa mengembalikan kulit yang hilang di bagian mata dan bibir. Akan tetapi ia pun sangat bersyukur dengan kondisinya sekarang dan sangat berterima kasih kepada David juga tim dokter. "Mereka bukan hanya memberiku wajah baru, tapi mereka juga memberiku hidup yang baru," ujarnya.
Advertisement