Inilah Alasan Mengapa Selalu ada Lubang Kecil di Setiap Jendela Pesawat



Hotmagz – Jika anda sering bepergian dengan transportasi pesawat terbang kemungkinan anda sudah paham akan hal ini. Bila anda perhatikan secara teliti, pada setiap jendela pesawat biasanya akan memiliki sebuah lubang kecil di bagian bawahnya. Memangnya apa sih fungsi dari lubang itu?
Ternyata lubang kecil yang terletak di bagian bawah kaca jendela tersebut merupakan sebuah fitur keamanan yang sangat penting.
Dikutip dari Dream.co.id melalui Travel and Leisure, lubang kecil itu biasa disebut dengan ‘lubang napas’. Fungsi dari lubang itu yaitu untuk mengatur jumlah tekanan yang lewat di antara panel dalam dan luar jendela pesawat.
Alasannya karena bila Anda perhatikan dengan seksama, ternyata kaca pesawat tak hanya memiliki satu panel, melainkan ada dua hingga lebih sehingga membuat kaca semakin kuat.
Itu artinya, kegunaan lubang kecil ini yaitu supaya memastikan ketika terjadi suatu tekanan dari luar jendela, maka panel luarlah yang bakal menanggung tekanan tersebut. Sehingga penumpang masih bisa bernapas dengan baik.
Bukan hanya itu, lubang tersebut juga punya fungsi untuk membantu kaca terhindar dari embun yang terjebak di antara panel kaca.
Walaupun jendela pesawat memiliki lubang kecil, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, lubang napas dengan ukuran kecil itu tak akan membahayakan penumpang saat panel luar mengalami tekanan udara yang cukup besar.
Selain itu, lubang nafas itu juga tidak bakal menarik debu ke dalam pesawat karena jendela memiliki panel yang rapat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *