Jika Sudah Tahu Bahayanya, Masih Ingin Konsumsi Air Minum Dalam Kemasan?

HOTMAGZ- Secara fisik, air minum dalam kemasan tampak seperti air yang benar-benar sehat. Promosinya memang perusahaan-perusahaan air minum mengatakan jika motivasi mereka adalah menjaga alam. Dan umumnya isi dari iklan-iklan yang ada memberitahukan bahwa air minum dalam kemasan dapat menyegarkan tubuh Anda. Tapi ternyata keadaannya tidak demikian, malah dapat menimbulkan bahaya bagi yang meminumnya. Berikut ini adalah 10 alasan mengapa harus menghindari air minum dalam kemasan itu, seperti yang dilansir oleh liputan6.com:

1. Mengakibatkan kanker

Menurut sebuah penelitian menyimpulkan jika air mineral dalam kemasan ini dapat mengakibatkan seseorang terkena kanker. Bahan plastik adalah bahan yang seringkali dipakai untuk macam-macam kemasan makanan. Hanya saja jika makanan biasanya sudah terlebih dahulu diberikan pengawet agar bisa bertahan lama. Tapi tidak begitu dengan botol. Botol telah melewati perjalanan yang panjang hingga akhirnya sampai di toko. Walaupun pengemasannya dibuat sebaik mungkin, air berpotensi menyerap bahan kimia berbahaya dari kemasan plastik tersebut.

2. Mendorong privatisasi

Dalam UU 33 ayat 3 dikatakan bahwa “Bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya, dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.” Tapi bayangkan jika alam ini dikuasai oleh sebuah perusahaan, maka dapat disimpulkan kepentingan rakyat dijual oleh sebuah perusahaan. Bukannya menguntungkan, tapi Anda malah membuat negara menjadi rugi jika membeli satu botol air minum kemasan.

3. Menjual sampah

Iklan memang selalu menarik siapa saja yang melihatnya. Usahakan agar Anda tidak mudah terpincut dengan iklan-iklan tersebut, seperti yang katanya air kemasan akan membuat tubuh Anda menjadi lebih segar dan sehat. Pada dasarnya semua air berguna untuk agar tubuh tidak mengalami dehidreasi. Jika bisa merebus air sendiri di rumah, mengapa harus membeli jika gunanya sama saja?

4. Bisa membuat seseorang mandul

Jika air terus menerus dihadapkan dengan plastik, dalam prosesnya plastik akan melepaskan bahan kimia yang ada yang biasa disebut dengan Phthlate. Dan zat beracun tersebut akan tertimbun didalam tubuh dan dapat mengakibatkan kanker dan kemandulan pada seseorang.

5. Standardisasi keamanan yang kurang

Jika banyak perusahaan memiliki standarisasi yang begitu tinggi, tidak demikian dengan perusahaan air dalam kemasan. Tidak ada standar yang jelas untuk menetapkan air tersebut aman untuk dikonsumsi. Tidak adanya aturan khusus yang berguna mengatur filtrasi, klarifikasi, kemasan, dan transportasi air dalam kemasan botol bening. Jadi bagaimana kesimpulannya menurut anda?

6. Melupakan rasa kemanusiaan

Banyak orang rela mengeluarkan berapa pun uangnya hanya untuk membeli air minum kemasan. Tapi ternyata diluar sana masih ada sekitar 700 juta orang yang belum bisa menikmati air bersih hingga saat ini. Jadi bagaimana dengan mereka, alam yang seharusnya menyediakan air untuk mereka malah dikuasai oleh perusahaan?

7. Menjadi barang mewah

Dalam satu harinya seseorang membutuhkan kurang lebih dua liter air. Jadi, jika diakumulasikan seseorang membutuhkan air bisa lebih dari 700 liter air. coba hitung berapa uang yang Anda butuhkan hanya untuk membeli air minum kemasan? Padahal uang tersebut bisa digunakan untuk membeli keperluan yang lainnya.

8. Penyumbang sampah plastik terbesar

Seperti yang kita tahu, beberapa daerah memang memiliki masalah yang berkaitan dengan sampah. Dan bahan plastik adalah salah satu jenis sampah yang tidak bisa di daur ulang secara alami. Walaupun sudah ditemukan cara-cara daur ulang, tetap saja efek kerusakan lingkungan tidak bisa ditutupi dengan cara tersebut. Jadi, jika Anda meminum air kemasan sama saja Anda telah menyumbang sampah tersebut.

9. Membuang-buang minyak bumi

Mata air yang menjadi sumber bahan baku dari perusahaan biasanya letaknya begitu jauh dari industri pengolahan. Ditambah perjalanan yang begitu panjang untuk menempuh toko-toko yang berada di seluruh dunia. Dalam proses itu, perusahaan air minum dalam kemasan memakai minyak bumi yang merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Ditambah adanya polusi yang dihasilkan dari penggunaan minyak bumi tersebut. Jadi pertimbangkan lagi ya jika Anda ingin membeli air minum kemasan.

10. Meninggalkan jejak karbon dalam tubuh

Orang menduga pasti tidak akan ada bahaya dalam air minum kemasan. Tapi, bayangkan banyak proses yang dialami oleh air tersebut dalam perjalanan yang jauh sebelum mencapai toko penjualan produk tersebut. Saat tengah perjalanan, air dalam botol itu sudah terkontaminasi karbon yang terdapat dalam plastik. Dalam jangka panjang, kelebihan karbon di dalam tubuh Anda sudah tentu sangat berbahaya.

Bagaimana Sobat Hotmagz, masihkah Anda ingin mengonsumsi air yang berbahaya itu? Hendaknya dipikirkan lagi yaa..
(Terselubung)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *