Sesudah Masak, Jangan Buang Sisa Sayur Anda

Hotmagz – Biasanya setelah kita masak maka sisa-sisa sayur segar yang tidak terpakai akan kita buang, betul? Nah mulai sekarang ayo manfaatkan sisa sayur segar yang telah kita beli tersebut. Salah satu yang bisa kita memanfaatkan adalah  dengan menanam kembali dan cuma butuh beberapa waktu saja kok, anda bisa menikmati lagi sayur segar tersebut tanpa harus berbelanja lagi.
Sisa tanaman yang ditanam ulang adalah sisa pangkal batang dari sayur mayur, supaya kita bisa memperoleh sayuran segar hasil tanaman sendiri lebih seru kan? bahkan kita tidak perlu kebun loh untuk bisa menanam sayur mayur tersebut. Caranya dengan memanfaatkan cawan berisi air yang dipergunakan sebagai media awal untuk menanam sebelum dilanjutkan dengan pot-pot berisi tanah, dengan demikian kita sudah bisa memiliki kebun mini di dapur kita, seru kan?.
Nah mari kita mulai dari jenis sayuran yang gampang tumbuh, contohnya seledri, sawi atau selada dan daun bawang.
Pertama-tama yang kita harus lakukan yaitu memotong pangkal sayur. Jika pada pangkal sayur tak ada akarnya pun tidak apa-apa, kita masih bisa memanfaatkannya kok.
Berikutnya ambilah mangkuk atau gelas untuk menaruh potongan pangkal sayur tadi kemudian isilah dengan air secukupnya.
Lalu taruh sayuran itu di tempat yang terkena sinar matahari. Maka biasanya dalam dua sampai tiga hari akan muncul tunas baru pada sayuran tersebut.
Nah pada masa-masa menunggu tumbuhnya tunas pada sayuran tersebut, kita harus rajin mengganti media air setiap hari, supaya menghindari pembusukan. Kira-kira setelah seminggu lebih, tunas-tunas akan terlihat dan semakin berkembang.
Nah apabila kita lihat tunas sudah cukup besar, kita bisa mulai memindahkan sayuran ini ke dalam pot dengan media tanah.
Tapi jangan lupa menempatkan pot itu pada tempat yang terkena sinar matahari juga jagalah kelembaban tanah dengan cara rajin menyiraminya. Nah dengan demikian, sayuran sisa ini akan bisa dimanfaatkan kembali dengan mengambil secukupnya.
Bagaimana dengan sayuran lain? beberapa sayuran yang bisa kita manfaatkan dengan cara serupa yaitu wortel, kentang, sereh, bawang akan tetapi jenis sayur tersebut butuh waktu lebih lama untuk bisa dikonsumsi kembali.
Tertarik untuk mencoba?
Sumber : http://www.tipsiana.com/2015/06/jangan-buang-sisa-sayur-anda.html
Terima kasih telah membaca artikel tentang potongan sayur yang bisa ditanam kembali. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *