Waspada, Jika Kelamaan Duduk Bisa Sebabkan Batu Ginjal

Posted on
 

Foto: Ilustrasi (Thinkstock)

HOTMAGZ- Penyakit batu ginjal menurut dokter biasanya disebabkan karena seseorang mengalami dehidrasi sehingga kandungan cairan tubuh yang berubah menjadi pekat. Selain itu, duduk dalam durasi waktu yang cukup lama juga dapat mengakibatkan seseorang menderita batu ginjal.

Seperti yang dikatakan oleh dr Sigit Solihin, SpU, dari RSU Bunda Jakarta, aktivitas yang bersifat pasif dapat mempercepat proses pembentukan batu ginjal. Contohnya seperti ketika sedang mengendarai kendaraan atau bekerja.

“Jadi pada aktivitas yang kita lebih statis, itu terjadinya pengendapan kristal-kristal menjadi batu jadi lebih gampang. Makanya salah satu terapi konservatif itu kita disuruh exercise (olahraga -red),” ujar dr Sigit ketia ditemui pada jumpa pers di RSU Bunda, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/12/2014).

Dengan melakukan olahraga, kristalisasin yang berada di saluran kemih akan menjadi gampang luruh sebelum terbentuk menjadi batu. Olahraga yang diimbangi dengan banyak minum air putih juga akan membuat urine menjadi lebih cair yang dapat berguna untuk mengeluarkan kristalisasi yang ada.

“Aktivitas yang lebih banyak duduk di ruangan ber AC dingin itu relatif tinggi penguapan kita kemudian tidak ada rasa haus. Ini yang sering terjadi jadi jangan lupa minum,” kata dr Sigit.

Segala macam teori pembentukan batu yang ada dalam tubuh hanya dapat dicegah dengan meminum air putih yang banyak. Bagaimana Sobat Hotmagz, tidak sulit bukan cara mencegahnya? Semoga Anda tetap sehat yaa..
(Detik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *