4 Teori Bumi dan Bulan Yang Banyak Menuai Protes

Posted on

HOTMAGZ– Jaman sudah semakin maju, teknologi sudah semakin berkembang membuat ilmu pengetahuan menjadi sesuatu yang penting bagi kehidupan sehari-hari. Secara umum, ilmu pengetahuan asalnya dari pendidikan, dan ini yang kerap membuat orang-orang di dunia menjadi seorang ilmuwan di berbagai bidang yang diminatinya. Dengan adanya perkembangan pada ilmu pengetahuan, ini juga akan menyebabkan munculnya banyak teori-teori baru yang berkaitan dengan semua bidang yang ada di dunia ini, termasuk teori yang mungkin tidak dapat diterima oleh logika. Dibawah ini adalah beberapa teori bumi-bulan yang paling kontroversial.

1. Shock Dinamika

Teori yang pertama ini cukup menuai banyak kontroversi yaitu teori yang dinamakan Shock Dinamika. Shock Dinamika merupakan teori yang menjelaskan dimana bumi dan bulan mengalami sebuah hantaman yang mengakibatkan keadaan di bumi dan bulan menjadi berubah. Dikatakan juga ada sejenis asteroid yang menyerang bumi dan mengakibatkan terjadinya banjir besar yang lebih dikenal dengan sebutan banjir Nuh. Lalu 300 tahun kemudian, terjadinya serangan kembali yang hanya mengenai bagian dari sisi bulan, yang mengakibatkan bulan mempunyai permukaan yang berongga. Teori ini tentunya banyak membuat para ahli lainnya berkomentar dan menjelaskan apa yang menjadi penyebab dari hal tersebut dan bukan karena terjadinya Shock Dinamika.

2. Spaceship Bulan

 Dalam teori ini mengatakan bahwa bumi dan bulan disebut-sebut sebagai planet yang sama. Karena terdapat beberapa kesamaan, akhirnya dikeluarkanlah teori Spaceship Bulan ini. Dijelaskan adanya kelompok alien yang tinggal di bulan dan para alien ini terus memantau semua aktivitas yang ada didalam bumi. Ini tentu saja sangat tidak masuk akal. Walaupun belum dapat diterima secara logis, teori ini tetap dikembangkan dan dapat menjelaskan tentang bagaimana bumi dapat beradaptasi dengan kondisi gravitasi bulan melalui ruang hampa di tata surya.

3. Bumi Berongga


Telah dikeluarkannya sebuah teori yang mengatakan bahwa bumi yang kita tinggali ini adalah bumi yang mempunyai ruang yang lumayan besar di dalam bumi ini sendiri. Tapi teori ini menuai banyak protes dari Issac Newton. Buku yang dibuat oleh Issac Newton ini menjelaskan tentang bumi yang mempunyai orbit bulan pastinya berbentuk padat karena jika bumi memiliki rongga dengan penyesuaian gravitasi bumi ini, maka hal ini bisa membuat bumi meledak. Dengan beberapa pernyataan tersebut akhirnya teori ini dinyatakan salah.

4. Global Cooling


Global warming atau pemanasan bumi sudah sering kita dengar. Tapi ada juga teori yang bernama Global Colling atau pendinginan bumi yang dapat mengakibatkan bumi menjadi susut selama beberapa periode. James Dwight adalah orang yang mencetuskan teori ini. Ia juga mengatakan bahwa jika terjadinya gempa bumi dan gunung meletus, akan membuat bumi ini menjadi susut tanpa disadari. Tapi teori ini disalahkan oleh sebuah teori yang menjelaskan mengenai lempeng tektonik yang akan membuat bumi ini bersuhu sangat panas dari inti bumi.
(SegiEmpat)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.