5 Museum Terbaik di Benua Asia

Posted on

1. The Museum of Qin Terra-cotta Warriors and Horses (China)

Museum ini terletak di Xi’an, bekas ibukota Tiongkok, sekitar 2 Km dari Tomb of Qin Shihuang atau The First Emperor, yang menyatukan Tiongkok sekitar 2.200 tahun lalu. Museum ini punya salah satu harta karun paling menakjubkan di dunia. yaitu lebih dari 7.000 patung tentara Tionghoa seukuran manusia dan ratusan patung kuda. Patung-patung menakjubkan ini terbuat dari tanah liat dan disusun membentuk formasi perang.

2. Tuol Sleng Genocide Museum (Kamboja)

Museum yang berlokasi di Phnom Penh, ini dibuat sebagai salah satu saksi kejamnya rezim Khmer. Sejak tahun 1975, Khmer menjadikannya sebagai Security Prison 21 (S-21). Selama 4 tahun beroperasi hingga 1979, hampir 20.000 orang dipenjara dan disiksa di sini. Mereka adalah pekerja pemerintahan, dokter, guru, mahasiswa, buruh pabrik, akademisi, politisi, insinyur, sampai biksu. 

Museum ini terdiri dari 4 bagian. Gedung A berisi sel-sel tempat para tahanan dipenjara. Gedung B berisi galeri foto yang memperlihatkan kekejaman Khmer. Gedung C berisi sel-sel kecil, sementara Gedung D berisi barang-barang untuk penyiksaan.

3. Hiroshima Peace Memorial Museum (Jepang)

Nagasaki dan Hiroshima menjadi kota yang pernah hancur karena serangan bom nuklir pada Perang Dunia II tahun 1945. Kini, informasi seputar sejarah dan sisa bom nuklir tersebut ada di Hiroshima Peace Memorial Museum. Museum yang berlokasi di tengah Kota Hiroshima terbagi menjadi 2 area. The East Wing punya koleksi gambar dan sejarah tentang Kota Hiroshima sebelum terkena bom. Sementara The West Wing punya aneka bukti kerusakan yang terjadi pada kota tersebut, termasuk penyakit yang sempat merajalela pada masyarakatnya waktu itu.

4. Vietnam Museum of Ethnology (Vietnam)

Vietnam Museum of Ethnology di kota Hanoi, menyimpan segala informasi tentang keberagaman etnis di Vietnam. Sampai saat ini, total ada 54 etnis berbeda yang tersebar di seluruh penjuru Vietnam. Museum ini punya puluhan ribu koleksi tak ternilai. Ada 15.000 artefak, 42.000 foto, 237 rekaman audio, 373 rekaman video, serta ribuan koleksi lainnya terkait pembagian etnis di Vietnam.

5. Hellfire Pass Museum (Thailand)

Hellfire Pass Museum, yang terletak di Kanchanaburi. Di museum ini diabadikan bukti dan sisa-sia kekejaman Perang Dunia II yang melanda Thailand. Ribuan warga dan tahanan dipaksa untuk bekerja dan membuat rel kereta api yang menghubungkan Thailand dan Burma. Aneka informasi dan koleksi di museum ini mejelaskan kenapa dan bagaimana rel kereta itu dibuat. Serta penggambaran kondisi kerasnya kerja paksa waktu itu, yang mayoritas dilakukan oleh tahanan asal Australia.

Terima kasih telah membaca artikel tentang penemuan senjata sisa perang di indonesia. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.