Karya Baru Siswa SMP, Celana Dalam Anti-Perkosaan

KOMPAS.com/Achmad Faizal
HOTMAGZ-Maraknya kekerasan seksual yang menyebabkan anak-anak menjadi korbannya membuat dua orang siswa SMP bersimpatik. Kini mereka berdua telah berhasil menciptakan celana dalam anak yang bertemakan anti kekerasan seksual. Jika dilihat dari bentuknya celana dalam ini sama seperti pada umumnya, namun bedanya celana dalam ini telah dipasang alat otomatis yang akan mengeluarkan bunyi saat celana dalam dilepas.
 
Ide ini dibuat oleh dua orang siswa SMP bernama Ramadhan Putra Himawan dan Aryo Seno Bagoskoro yang sama-sama baru duduk di bangku sekolah kelas VIII SMP Negeri 6 Surabaya.

"Kami prihatin atas kejadian kekerasan seksual anak yang terjadi seperti JIS Jakarta dan yang melibatkan Emon di Sukabumi," kata Aryo Seno Bagaskoro, Selasa (30/9/2014).
 
Alat tersebut menggunakan perangkat saklar sentuh yang mengakibatkan jika celana dalam tersebut tersentuh alarm tersebut akan berbunyi. Perangkat ini biasa digunakan pada alarm motor ataupun mobil.
 
Menurut mereka berdua, celana dalam ini bukan sekedar di pasangkan alarm namun sudah di modifikasi juga sehingga jika tersentuh kulit sekalipun, alarm akan berbunyi dengan sendirinya. Jadi jika alarm berbunyi menunjukkan bahwa celana dalam tersebut terlepas.
 
Selain mendapatkan pengetahuan dari mata pelajaran muatan lokal elektronik di sekolah, kedua siswa ini juga rajin mencari referensi dari buku dan materi-materi dari internet sebagai bahan penunjang.

Advertisement